Sukses

Platform ZenPro Gelar Pelatihan Barista dalam Program Prakerja

Platform pembelajaran dan pemberdayaan bagi para profesional dari Zenius, ZenPro, menghadirkan kursus pelatihan skill barista dalam program prakerja.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai salah satu mitra program Kartu Prakerja, ZenPro dapat diakses secara gratis oleh peserta yang ingin menajamkan keterampilan atau mempelajari keterampilan baru yang sesuai dengan kebutuhan industri riil saat ini.

Terbaru, platform pembelajaran dan pemberdayaan bagi para profesional dari Zenius ini menghadirkan program kursus pelatihan skill barista.

Dalam program ini Zenius menggandeng Doddy Pancawinata, sebagai trainer kursus di ZenPro yang merupakan salah satu barista terbaik di Indonesia. Ia pernah menjadi juara di ajang Indonesia Barista Championship dan Asia Barista Championship.

Doddy mengatakan dirinya sudah 12 tahun berkecimpung sebagai praktisi dan trainer di industri kopi, dan ia berkeinginan untuk berbagi dan mengambil bagian dalam sesuatu yang lebih besar.

Melalui kursus ZenPro, saya berkesempatan untuk ikut membangun industri kopi di Indonesia, dengan cara membentuk generasi barista penerus yang bisa mengapresiasi kopi dan industrinya dengan lebih baik," ujar Donny, dikutip Senin (21/3/2022).

Sesi pelatihan skill barista di ZenPro mengikuti kurikulum yang praktis dan komprehensif. Sebelum menentukan desain pelatihan, Zenius melakukan observasi dan analisis mendalam untuk mengidentifikasi kebutuhan dari tujuan pembelajaran, baik dari segi pengetahuan teoritis, keterampilan praktis, maupun karakter dan sikap.

Karena itu, program pelatihan barista dari Zenius mencakup aspek kompetensi yang lengkap, mulai dari pengetahuan tentang sejarah & spesies kopi, teknik pembuatan (grinding, dosing, tamping, extracting), manajemen bisnis, hingga kemampuan fundamental Bahasa Inggris.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akses Pelatihan Gratis

Dalam kursus ini, peserta tidak hanya dikenalkan dengan kopi saja, namun juga bisa belajar teknik pembuatan kopi tertentu, perawatan alat dan mesin, bahkan bahasa Inggris profesional.

Untuk mengikuti kursus pelatihan barista secara gratis melalui program PraKerja, pengguna bisa membuat akun ZenPro melalui aplikasi Android atau website ZenPro. Setelah itu, pengguna bisa memilih kelas pelatihan yang ingin diikuti, serta mitra digital platform untuk memproses kelas pelatihan di ZenPro.

Setelah berhasil, pengguna akan mendapatkan kode voucher untuk mengklaim voucher pelatihan di halaman utama aplikasi dan website.

"Platform ZenPro merupakan bagian dari misi Zenius untuk menumbuhkan rasa cinta belajar pada diri semua orang, serta mendorong mereka untuk menjadi individu yang terus bertumbuh dan menjadi pembelajar seumur hidup," kata AVP Marketing Lifelong (ZenPro), Ary Mozta.

 

3 dari 4 halaman

Tren Konsumsi Kopi Domestik

Pelatihan ZenPro menjadi jawaban dari kebutuhan barista untuk memenuhi tren konsumsi kopi di pasar domestik. Data dari Organisasi Kopi Sedunia (International Coffee Organization/ICO) mencatat bahwa tren konsumsi kopi domestik di Indonesia terus meningkat selama lima tahun terakhir.

Pada periode 2018-2019, jumlah konsumsi kopi domestik mencapai 4.800 kantong berkapasitas 60 kilogram (kg). Sementara itu, konsumsi kopi Indonesia sepanjang periode 2016-2021 diprediksi tumbuh rata-rata 8,22% per tahun.

Kopi kini tidak hanya dipandang sebagai minuman, namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Tak heran, jumlah kedai kopi dan kafe di berbagai daerah ikut melonjak.

Menurut data Statista, pada tahun 2020, jumlah gerai dari 10 brand kopi teratas di Indonesia telah mencapai 2.391 gerai. Angka tersebut belum menghitung kedai-kedai independen yang jumlahnya jauh lebih tinggi.

4 dari 4 halaman

Infografis Kopi-Kopi Indonesia yang Jadi Primadona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.