Sukses

Kecanggihan Teknologi AI pada Kamera Smartphone, Kunci Hasilkan Foto dan Video Kualitas Pro

Terbaru, OPPO meluncurkan OPPO Reno7 Series 5G yang terdiri dari dua model yakni OPPO Reno7 5G dan OPPO Reno7 Z 5G yang dilengkapi dengan teknologi AI canggih saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Seiring berjalannya waktu dan tahun berganti, teknologi semakin canggih. Memudahkan berbagai aktivitas dan mewujudkan keinginan manusia. Tak terkecuali fitur kamera pada smartphone yang kini sudah lebih optimal berkat dukungan teknologi AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan

Dulu, sebelum ada AI di kamera smartphone, mendapatkan hasil foto yang maksimal cukup sulit dilakukan, termasuk teknik pengambilan gambar seperti bokeh. Sekarang, dengan adanya AI dapat memudahkan berbagai pekerjaan fotografi dan videografi di smartphone. AI memiliki fungsi kognitif yang mirip dengan kemampuan otak manusia, seperti berpikir, mempelajari, dan menyelesaikan permasalahan.

Salah satu brand premium dan hi-tech yang konsisten menerapkan teknologi AI pada kamera smartphone adalah OPPO. Terbaru, OPPO meluncurkan OPPO Reno7 Series 5G yang terdiri dari dua model yakni OPPO Reno7 5G dan OPPO Reno7 Z 5G yang dilengkapi dengan teknologi AI canggih saat ini.

Berikut sejumlah kecanggihan teknologi AI yang bisa dirasakan langsung pada smartphone OPPO Reno7 Series 5G.

1. Bebas dari Pengaturan Kamera Manual

Sekarang, pengguna smartphone tidak perlu lagi dipusingkan dengan pengaturan kamera secara manual. AI dapat otomatis memahami pengaturan kamera dan pemrosesan gambar, seperti mengubah pengaturan speed, exposure, saturasi, kedalaman warna, dynamic range, white balance, hingga kontras gambar. 

Pada OPPO Reno7 Series 5G dilengkapi fitur AI Highlight Video yang mendukung pengguna hasilkan video layaknya seorang pro. AI Highlight Video dapat membantu untuk menangkap gambar lebih detail dan menyeimbangkan cahaya pada video tanpa mengurangi detail pada background. Dengan fitur ini maka pengguna tidak akan menjumpai lagi video yang tampil terlalu terang atau terlalu gelap pada perekaman Reno7 Series 5G. 

Selain itu, perangkat OPPO Reno7 5G juga dilengkapi dengan kemampuan Focus Tracking yang ditingkatkan pada perekaman video, dengan cara mengetuk dua kali pada pada wajah untuk melacaknya sebagai subjek utama saat merekam video. Kamera akan mengidentifikasi subjek yang dipilih dan secara otomatis melacaknya secara konsisten.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Deteksi Objek secara Otomatis

Dengan AI, antarmuka kamera smartphone dapat mendeteksi objek dalam frame foto secara otomatis, baik itu foto pemandangan yang diambil secara landscape atau foto diri dengan mode portrait dengan detail yang lebih tajam. Lalu, memaksimalkan setting kamera sehingga menghasilkan hasil foto yang maksimal kualitasnya. OPPO Reno7 Series 5G telah disematkan mode portrait AI yang mampu meningkatkan kualitas foto bokeh.

OPPO Reno7 Series 5G hadir dengan membawa keunggulan fitur portrait pada kamera selfie dan kamera utama serta pada fitur foto maupun perekaman video. OPPO Reno7 Series 5G berhasil meniru hasil potret yang biasanya hanya bisa didapatkan melalui kamera DSLR kelas atas dengan lensa bukaan diafragma besar. Pada Reno7 5G, OPPO menawarkan pengguna kebebasan mengatur kedalaman bidang dan ruang tajam melalui kemampuannya meniru sifat optik kamera DSLR.

Portrait Mode pada Reno7 5G dapat mensimulasikan 25 tingkatan ukuran diafragma yang dapat disesuaikan mulai dari F0.95 hingga F16. Selain itu, pada Reno7 Series 5G OPPO juga menghadirkan fitur Bokeh Flare Portrait untuk menghadirkan efek bokeh layaknya diproduksi menggunakan kamera profesional pada sebuah perangkat smartphone.

3. AI Berikan Efek Beauty yang Optimal

Bagi pencinta selfie, AI mampu mengenal wajah seseorang dengan teknologi facial recognition dan memberikan efek beauty yang disesuaikan dengan kontur muka pengguna.

Untuk mengoptimalkan subjek foto, Selfie HDR dapat menghasilkan foto selfie yang jernih pada lingkungan kurang cahaya atau bahkan dengan cahaya berlatar kuat. Portrait Retouching dapat dengan tepat mengenali titik spesifik pada wajah dan melakukan penghapusan noda pada wajah seperti bekas jerawat. Secara cerdas, fitur ini memperbaiki warna kulit atau riasan, sambil menjaga tanda kecantikan lain yang tetap diinginkan. 

OPPO Reno7 Series 5G juga dilengkapi AI Color Portrait bekerja melalui Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang ditingkatkan. Kecerdasan buatan secara otomatis dapat menerapkan filter hitam putih pada latar belakang namun tetap mempertahankan warna asli pada subjek potret. 

Kecanggihan teknologi AI pada OPPO Reno7 Series 5G semakin lengkap dengan dukungan RAM dan ROM yang besar serta daya tahan baterai yang tangguh dan pengisian super cepat.

Sebagai informasi, OPPO Reno7 5G didukung RAM 8GB dengan teknologi ekspansi hingga 5GB dan penyimpanan internal 256GB. Sedangkan, OPPO Reno7 Z 5G membawa RAM 8GB dengan opsi ekspansi hingga 5GB dan juga penyimpanan Internal 128GB.

OPPO melengkapi Reno7 5G dengan baterai 4.500 mAh dan teknologi pengisian daya super cepat 65W SUPERVOOC, yang membuat perangkat dapat diisi daya hingga 100% dalam waktu sekitar 31 menit. OPPO Reno7 Z 5G dilengkapi baterai 4.500 mAh dan teknologi pengisian daya super cepat 33W SUPERVOOC sehingga perangkat ini dapat diisi penuh dalam waktu 63 menit.

Keberadaan prosesor 5G dengan Mediatek Dimensity 900 5G pada OPPO Reno7 5G dan prosesor terbaru Snapdragon® 695 5G pada OPPO Reno7 Z 5G, menjadikan kedua prosesor ini kompatibel dengan seluruh operator telekomunikasi penyelenggara jaringan 5G di Indonesia terutama pada dukungan band N1, N3 dan N40.

OPPO Reno7 5G dijual seharga Rp7,499 juta, sedangkan OPPO Reno7 Z 5G dipasarkan dengan banderol resmi Rp5,999 juta, dapatkan paket bundling eksklusif dari Telkomsel.

Cek Video Berikut Ini

 

 (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.