Sukses

Hacker Mampu Rusak File Save Game Elden Ring, Gamer Dipaksa Mati Berkali-kali

Hacker memanfaatkan sebuah kerentanan game Elden Ring di PC Windows untuk merusak file save player lainnya dan memaksa karakter mereka mati berkali-kali.

Liputan6.com, Jakarta - Elden Ring, game buatan FromSoftware dan Bandai Namco ini memang sedang populer dan dimainkan oleh hampir semua gamer, baik di konsol hingga PC.

Terbukti, kurang dari satu bulan game Elden Ring meluncur di pasaran sudah mencapai total penjualan hingga 12 juta kopi.

Saking populernya, hacker memanfaatkan sebuah kerentanan game Elden Ring di PC Windows untuk merusak file save player lainnya.

Hal ini berdasarkan laporan dari salah satu pemain Elden Ring di Reddit. Dalam itu, saat ini ada peretasan terhadap player dimana pelaku dapat mengubah file save game Elden Ring.

"Pelaku akan menyerang atau menginvasi pemain Elden Ring yang sedang online, dan merusak file save game," dilasing PC Gamer, Senin (21/3/2022).

Seperti postingan video dari EldenRingUpdate di Twitter, peretasan ini terjadi ketika pelaku menginvasi game player lainnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Hacker Rusak File Save Elden Ring

Gameplay dari Elden Ring (YouTube Bandai Namco Europe)

Dengan mengaktifkan kemampuan tertentu, hacker dapat memicu glicth sehingga menyebabkan game player berhenti atau crash.

Saat load file save dan bermain kembali, player akan mendapati karakter mereka di dalam game Elden Ring akan mati berkali-kali.

"Tampaknya saat ini masih belum ada cara untuk mengatasi masalah ini, jadi sangat disarankan agar player dapat mem-backup file sesering mungkin untuk mencegah hal ini terjadi."

3 dari 3 halaman

Game Elden Ring Mobile Abal-Abal

Elden Ring puncaki daftar paling banyak di wishlist di Steam. (Doc: From Software)

Di sisi lain, sebuah gim tiruan Elden Ring asal Tiongkok yang mendapatkan icon label Eilon Ring, sempat beredar di App Store Tiongkok untuk perangkat mobile dengan iOS, sebelum akhirnya ditarik.

Gim yang digarap developer Guiyon Cloud Network ini pertama kali dilaporkan oleh Geek Culture. Mengutip Games Radar, Selasa (15/3/2022), judul game ini adalah Elden Ring - Dark Open World Action RPG.

Meski sudah dicabut, beberapa warganet berhasil mengabadikan gambar-gambar dari game free-to-play yang meniru karya developer FromSoftware tersebut, dan mengunggahnya di media sosial.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.