Sukses

5 Aplikasi Paling Banyak Dipakai Pengguna Internet Smartfren

Berikut adalah 5 aplikasi paling banyak memakan kuota pelanggan Smartfren.

Liputan6.com, Jakarta - Mengakses layanan internet kini jadi kebutuhan sehari-hari pengguna smartphone. Bagaimana tidak, di tengah kondisi pandemi, masyarakat harus tinggal di rumah dan melakukan aktivitasnya secara daring.

Bekerja, sekolah, berbisnis, hingga hiburan pun dilakukan secara online hingga akhirnya membentuk gaya hidup baru.

Operator seluler Smartfren pun membagikan data terkait aplikasi-aplikasi apa saja yang paling banyak diakses pelanggan di jaringannya.

Diungkapkan oleh VP Network Operations Smartfren, Agus Rohmat, kebutuhan akan data selalu mengalami peningkatan, di mana trafik paling tinggi adalah untuk mengakses aplikasi video seperti YouTube hingga TikTok.

Berikut adalah 5 aplikasi paling banyak memakan kuota pelanggan Smartfren:

1. Media Sosial

Media sosial menyumbang trafik sebesar 21 persen dari total trafik internet Smartfren. Di mana, aplikasi-aplikasi paling banyak dipakai mulai dari Facebook yang menyumbang 59 persen trafik dari keseluruhan trafik ke media sosial.

Kemudian aplikasi Instagram menyumbang 35 persen trafik dari keseluruhan trafik ke layanan medsos, sisanya adalah aplikasi lain-lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Video

Di antara berbagai aplikasi, kategori aplikasi video menyumbang 37 persen trafik internet bagi Smartfren. Tidak mengherankan, karena pelanggan internet kini memang tidak bisa lepas dari menyaksikan video untuk berbagai kebutuhan.

Di antara aplikasi video, YouTube menyumbang trafik 46 persen dari keseluruhan trafik video. Kemudian, ada aplikasi TikTok yang menyumbang 44 persen, SnackVideo 5 persen, dan sejumlah aplikasi lainnya menyumbang 5 persen trafik dari keseluruhan aplikasi video.

3. Komunikasi

Aplikasi-aplikasi yang dipakai untuk berkomunikasi menyumbang 14 persen trafik dari keseluruhan trafik data Smartfren. Di antara banyak aplikasi komunikasi, trafik ke WhatsApp mendominasi, yakni 83 persen dari keseluruhan trafik ke layanan komunikasi.

Selanjutnya, Telegram menyumbang 10 persen dari seluruh trafik ke layanan komunikasi, serta 7 persen sisanya adalah aplikasi-aplikasi lainnya.

 

3 dari 3 halaman

4. Google Service

Pelanggan Smartfren ternyata cukup aktif menggunakan layanan-layanan Google, hal ini terlihat dari sumbangan Google Service sebesar 5 persen dari keseluruhan trafik Smartfren.

5. Games

Games menjadi hiburan yang cukup diminati oleh pelanggan. Smartfren pun kian fokus dengan games dengan rencana merilis paket khusus untuk games, sebelumnya Smartfren juga menjadi sponsor utama tim esports Genesis Dogma di tahun 2022.

Tidak mengherankan, sebab aplikasi-aplikasi berbasis games menyumbang trafik 3 persen untuk keseluruhan lalu lintas data pelanggan Smartfren.

Adapun game yang berkontribusi paling besar adalah Mobile Legends dengan sumbangan trafik 48 persen, Garena FreeFire 13 persen, GamesSites 10 persen, Unity3D 6 persen, Roblox 5 persen, dan gim lain-lain menyumbang 18 persen trafik dari keseluruhan akses ke aplikasi berbasis games.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini