Sukses

Telkomsel Gelar Showcase 5G Experience di MotoGP Mandalika

Telkomsel mengumumkan showcase bertajuk Telkomsel 5G Experience yang diadakan di event MotoGP Mandalika.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel mengumumkan ikut meramaikan gelaran MotoGP Mandalika melalui showcase bertajuk 'Telkomsel 5G Experience'. Ada 6 jenis use case yang dihadirkan Telkomsel, yakni Humanoid Robot, Cloud Gaming, 5G Drone, Virtual Reality, AR Industrial Work Instruction, dan 5G mmWave-Device.

Menurut Direktur Network Telkomsel, Nugroho, perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika merupakan peluang Indonesia menunjukkan berbagai potensi pada dunia, mengingat perhelatan ini membuat Indonesia menjadi sorotan dunia.

"Untuk itu, kami menghadirkan showcase ‘Telkomsel 5G Experience’ untuk menunjukkan Indonesia telah memiliki teknologi telekomunikasi terbaru mampu membuka peluang bagi lintas sektor industri untuk terus berinovasi," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (18/3/2022).

Showcase Telkomsel hadir di area commercial Mandalika International Street Circuit. Karenanya, pengunjung MotoGP dapat langsung mencoba berbagai use case teknologi yang didukung jaringan 5G.

Pada use case, Humanoid Robot, pengunjung dapat langsung melihat sebuah robot didukung 5G Telkomsel memiliki kemampuan menyerupai manusia. Teknologi ini memungkinkan robot melakukan berbagai aktvitas, seperti menyambut dan mengenali wajah tamu/pengunjung hingga menghibur pengunjung dengan aksi menari.

Lalu pada Cloud Gaming, pengunjung dapat mencoba memainkan game balap MotoGP yang dilakukan secara streaming. Dengan 5G, pengunjung dapat memainkan game secara online atau langsung dari server tanpa hambatan.

Teknologi 5G juga dapat meningkatkan fungsi drone. Karenanya, pada use case 5G Drone, pengunjung MotoGP Mandalika 2022 dapat melihat video demonstrasi penggunaan 5G drone untuk kebutuhan remote surveillance.

Sementara di use case Virtual Reality, pengunjung dapat mencoba menggunakan teknologi VR untuk berbagai hal, seperti bermain game online, menggelar rapat, simulasi training dan kolaborasi jarak jauh, hingga menikmati destinasi wisata di Labuan Bajo secara virtual.

Selain itu, Telkomsel turut menghadikan pemanfaatan 5G dalam penerapan teknologi Augmented Reality (AR) lewat use case AR Industrial Work Instruction yang ada di ajang MotoGP kali ini. Use case ini menujukkan teknologi 5G mendukung penerapan AR di sektor industri.

Terakhir, pada use case 5G mmWave-Device, Telkomsel berkolaboasi dengan Huawei dan Qualcomm mendukung optimalisasi berbagai mobile, seperti laptop, smartphone, hingga modem dan router yang menggunakan frekuensi mmWave 26GHz.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengalaman Jurnalis Asing Pakai Jaringan 5G Telkomsel di MotoGP

Pengalaman menggunakan layanan 5G Telkomsel saat gelaran MotoGP Mandalika juga sempat diungkapkan oleh jurnalis lepas asal Irlandia Utara, Simon Patterson. Ia sempat membagikan pengalaman tersebut melalui akun media sosialnya.

Lewat akun Twitter @denkmit, ia mengungkapkan dirinya sangat terkensan dengan kecepatan layanan 5G Telkomsel di Lombok. Dalam cuitan itu, ia juga memperlihatkan foto laptop dan modem Orbit yang digunakannya.

"Sangat sangat terkesan dengan kecepatan modem Telkomsel Orbit di Lombok," tulisnya. Ia pun sempat mengunggah foto hasil kecepatan unduh 5G di wilayah tersebut.

Dalam unggahannya, ia menunjukkan hasil pengujian 5G Telkomsel di Lombok menggunakan Ookla Speedtest mencapai 53,84Mbps untuk download. Hasil ini bahkan disebut lebih cepat dari layanan broadband rumah miliknya di Irlandia Utara.

"Jauh dari lebih cepat dari layanan broadband rumah saya di Irlandia Utara," tulisnya. Untuk diketahui, Telkomsel menjadi salah satu operator telekomunikasi yang menghadirkan jaringan internet dalam rangka mendukung gelaran MotoGP 2022 Mandalika

3 dari 3 halaman

Kecepatan Download 5G Telkomsel di MotoGP 2022 Mandalika Ngebut Sampai 5 Gbps

Selama persiapan jelang ajang balap motor tersebut, uji coba kecepatan download Hyper 5G Telkomsel dilaporkan mencapai 5 Gbps di kawasan Mandalika International Street Circuit.

Lewat keterangan persnya, Jumat (18/3/2022), perusahaan mengungkapkan, pada gelaran yang akan berlangsung Mandalika pada 18-20 Maret 2022 ini, mereka menggelar 16 BTS 5G yang menjangkau sejumlah titik.

Titik-titik ini berada di di kawasan Mandalika International Street Circuit dan Bandara Lombok Zainuddin Abdul Madjid-Lombok.

Telkomsel sendiri menggunakan frekuensi 2100 Mhz dan 2300 Mhz yang secara komersial telah digelar sejak tahun lalu, serta tambahan frekuensi 3500 Mhz yang untuk sementara diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pada pengujian di lapangan, kombinasi frekuensi tersebut dapat menghasilkan kecepatan lebih dari 2 Gbps.

Selain itu,Telkomsel juga melakukan penggelaran 5G menggunakan frekuensi milimeter wave 26 GHz yang untuk sementara juga diizinkan penggunaannya oleh Kemenkominfo.

Pada pengujian di lapangan, frekuensi tersebut dapat menghasilkan kecepatan 5G lebih dari 5 Gbps.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.