Sukses

Kecepatan Download 5G Telkomsel di MotoGP 2022 Mandalika Ngebut Sampai 5 Gbps

Dalam persiapan jelang MotoGP 2022 Mandalika, uji coba kecepatan download Hyper 5G Telkomsel dilaporkan mencapai 5 Gbps

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel menjadi salah satu operator telekomunikasi yang menghadirkan jaringan internet dalam rangka mendukung gelaran MotoGP 2022 Mandalika.

Selama persiapan jelang ajang balap motor tersebut, uji coba kecepatan download Hyper 5G Telkomsel dilaporkan mencapai 5 Gbps di kawasan Mandalika International Street Circuit.

Lewat keterangan persnya, Jumat (18/3/2022), perusahaan mengungkapkan, pada gelaran yang akan berlangsung Mandalika pada 18-20 Maret 2022 ini, mereka menggelar 16 BTS 5G yang menjangkau sejumlah titik.

Titik-titik ini berada di di kawasan Mandalika International Street Circuit dan Bandara Lombok Zainuddin Abdul Madjid-Lombok.

Telkomsel sendiri menggunakan frekuensi 2100 Mhz dan 2300 Mhz yang secara komersial telah digelar sejak tahun lalu, serta tambahan frekuensi 3500 Mhz yang untuk sementara diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pada pengujian di lapangan, kombinasi frekuensi tersebut dapat menghasilkan kecepatan lebih dari 2 Gbps.

Selain itu,Telkomsel juga melakukan penggelaran 5G menggunakan frekuensi milimeter wave 26 GHz yang untuk sementara juga diizinkan penggunaannya oleh Kemenkominfo.

Pada pengujian di lapangan, frekuensi tersebut dapat menghasilkan kecepatan 5G lebih dari 5 Gbps.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Showcase Telkomsel di Mandalika

Nugroho, Direktur Network Telkomsel mengatakan, MotoGP 2022 Mandalika menjadi peluang bagi Indonesia, untuk menunjukkan berbagai potensi yang ada kepada dunia.

"Karena perhelatan tersebut membuat Indonesia menjadi sorotan dunia," kata Nugroho. Hal ini juga yang mendorong Telkomsel untuk menghadirkan showcase Telkomsel 5G Experience.

Showcase ini digelar untuk menunjukkan Indonesia telah memiliki teknologi komunikasi terbaru yang yang mampu membuka peluang bagi lintas sektorindustri untuk terus berinovasi.

"Melalui showcase tersebut, terdapat 6 jenis use cases yang kami hadirkan di antaranya Humanoid Robot, Cloud Gaming, 5G Drone, Virtual Reality, AR Industrial Work Instruction, dan 5G mmWave-Device," kata Nugroho.

 

3 dari 4 halaman

Menjajal Akses Broadband 5G

Lebih lanjut, operator pelat merah ini mengungkapkan, selama gelaran MotoGP Mandalika berlangsung, pelanggan juga bisa merasakan keunggulan akses broadband di 5G Telkomsel.

Pelanggan bisa menjajal kecepatan akses ini menggunakan sejumlah smartphone 5G yang didukung sejumlah mitra device bundling Telkomsel seperti Apple, Oppo, Xiaomi, dan Vivo.

Nugroho mengatakan, menghadirkan teknologi Hyper 5G di kawasan Mandalika bukan hanya wujud nyata komitmen mereka, dalam mendukung perhelatan MotoGP di Indonesia.

"Melainkan juga sebagai bentuk upaya kami dalam mengakselerasi transformasi digital lintas sektor industri untuk membangun iklim investasi yang positif bagi Indonesia melalui pemanfaatan teknologi terdepan," imbuhnya.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.