Sukses

Pabrik iPhone di Shenzhen Tutup Sementara karena Kasus Covid-19 Meningkat

Penutupan pabrik Foxconn dan produsen lainnya ini terjadi setelah pihak berwenang mengumumkan lockdown akibat kasus Covid-19 meningkat di kota Shenzhen.

Liputan6.com, Jakarta - Foxconn, pabrik perakit dan pemasok Apple hingga Samsung baru saja mengumumkan telah menutup sementara pabriknya di Shenzhen, Tiongkok.

Diketahui, penutupan pabrik Foxconn dan produsen lainnya ini terjadi setelah pihak berwenang mengumumkan lockdown akibat kasus Covid-19 meningkat di kota tersebut.

Sektor bisnis yang menyediakan layanan tidak penting diperintahkan untuk tutup, dan semua orang di kota itu akan diuji Covid-19 setelah ada laporan 60 infeksi baru pada hari Minggu.

Mengutip The Verge, Senin (14/3/2022), raksasa manufaktur itu mengatakan akan mengalihkan produksi ke lokasi lain di luar Shenzhen.

Informasi, Foxconn adalah produsen elektronik terbesar di dunia, dan pemasok penting bagi perusahaan teknologi terkenal di dunia, termasuk Apple dan Samsung.

Selain Foxconn, raksasa teknologi seperti Huawei, Tencent, dan Oppo pun memiliki kantor pusar berbasis di Shenzhen, terletak di dekat perbatasan dengan Hong Kong.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Diketahui Dampaknya

Ilustrasi virus corona COVID-19, omicron. (Photo by starline on Freepik)

Lebih lanjut, Foxconn mengatakan telah menghentikan produksi di pabrik Longhua dan Guanlan hingga ada pemberitahuan resmi dari otoritas kota atau pemerintah.

Kabar penutupan pemasok Apple ini hadir setelah perusahaan asal Cupertino tersebut baru saja mengumumkan kehadiran iPhone SE 5G 2022 pekan lalu.

Menjadi produsen utama perangkat iPhone, masih terlalu dini untuk mengetahui apakah penutupan pabrik Foxconn di Shenzen itu akan berdampak dengan ketersediaan iPhone SE 2022 secara global.

Pihak Tiongkok sendiri telah menerapkan kebijakan nol-Covid sejak awal pandemi, dimana strategi mendorong keputusan lockdown dan pengujian massal di daerah terkena dampak lebih cepat.

3 dari 3 halaman

Apple Rilis iPhone SE 2022

Dalam acara Apple Event ini, perusahaan bermarkas di Cupertino tersebut menjanjikan iPhone SE dengan performa cepat dan sudah didukung dengan jaringan 5G.

Seperti apa sih iPhone terbaru milik Apple tersebut? iPhone SE 5G tampil dengan desain yang tidak terlalu berbeda dari generasi sebelumnya.

Dalam hal layar, Apple menyematkan layar Retina berukuran 4,7 inci dan sudah dilengkapi dengan lapisan kaca serupa dengan iPhone 13 untuk bagian depan dan belakangnya.

Soal performa, perusahaan sudah melengkapi iPhone SE 2022 ini dengan prosesor A15 Bionic--sama seperti di iPhone 13 series, dan memiliki daya baterai lebih lama.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.