Sukses

3 Fitur Baru Telegram, Perkenalkan Download Manager hingga Bisa Live Streaming

Lewat update-an Telegram versi 8.6, perusahaan meningkatkan kemampuan pengguna untuk mengelola unduhan, perbarui antarmuka, menu attachment baru, dan masih banyak lagi.

Liputan6.com, Jakarta - Telegram baru saja mengumumkan sejumlah fitur baru dan peningkatan di dalam aplikasi lewat update besar-besaran kali ini.

Lewat update-an Telegram versi 8.6, perusahaan meningkatkan kemampuan pengguna untuk mengelola unduhan, perbarui antarmuka, menu attachment baru, dan masih banyak lagi.

Mengutip laman blog Telegram, Senin (14/3/2022), berikut adalah fitur baru di Telegram 8.6.

1. Download Manager

Kini, saat file sedang di download akan muncul sebuah ikon baru di search bar. Tap ikon atau buka tab 'Download' di Search untuk melihat dan mengelola--pause atau resume--unduhan.

Kamu juga bisa memilih file tertentu agar dapat diunduh terlebih dahulu atau melihatnya di kolom chat aplikasi Telegram.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Menu Attachment Baru

Ilustrasi Telegram. (Doc: Newsweek)

Saat mengirimkan beberapa foto atau video bersamaan, kamu dapat tap '...selected' di bagian atas panel untuk melihat pratinjau tampilan albun dalam chat saat dikirim.

Bagi pengguna iOS, ikon menu Attachment dibuat ulang agar dapat mengikuti perkembangan aplikasi chat versi Android-nya.

Opsi kamera di dalam aplikasi kini akan langsung terintegrasi ke galeri, dan akan tampil dengan bilah navigasi baru agar dapat mengakses foto, file, lokasi, dan lain-lain dengan cepat.

Tab File yang baru kini juga dapat menunjukkan informasi file yang baru dikirim, dan memungkinkan kamu mencarinya berdasarkan nama.

 

3 dari 4 halaman

3. Live Streaming di Telegram

Logo Aplikasi Telegram

Grup dan Channel di Telegram kini sudah mendukung fitur live streaming dengan pengguna tak terbatas.

"Kami memperhatikan blogger dan jurnalis profesional semakin banyak menggunakan live streaming Telegram untuk menjangkau pengguna mereka," tulis Telegram.

Lewat update ini, pengguna kini dapat menyiarkan dari tools streaming seperti OBS Studio dan XSplit Broadcaster agar lebih mudah menambahkan grafis khusus sehingga membuat channel Telegram seperti stasiun TV profesional.

4 dari 4 halaman

Fitur Baru Lainnya di Telegram 8.6

Telegram versi web diblokir. (Doc: TechCrunch)

Lebih lanjut, fitur baru lainnya yang muncul di Telegram versi 8.6 adalah pengguna kini dapat membuat username unik tanpa harus membagikan nomor ponsel.

Selain itu, Telegram juga mendesain ulang tampilan login pengguna baru di Android dan macOS sehingga terlihat lebih menarik.

Telegram juga menambahkan kemampuan untuk melihat halaman t.me melalui browser meskipun Anda tidak masuk ke Telegram.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.