Sukses

Samsung Pakai Layar Lipat Transparan untuk Ponsel Galaxy Z Slide?

Samsung disebut-sebut akan menggunakan layar lipat transparan untuk ponsel Galaxy Z Slide-nya. Hal ini berdasarkan paten yang diajukan oleh Samsung ke lembaga paten internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dikabarkan tengah mengembangkan berbagai desain baru smartphone layar lipat alias foldable phone, setelah Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3.

Balum lama ini, LetsGoDigital melaporkan, Samsung berencana menghadirkan Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Slide yang ekstra besar.

Mengutip Gizchina, Senin (14/3/2022), perangkat baru tersebut digadang-gadang merupakan versi Galaxy Z Fold multi-lipat yang punya desain unik dan serbaguna.

Samsung disebut-sebut tengah merencanakan kemungkinan mengembangkan ponsel pull-out atau yang bisa ditarik dengan layar transparan. Spekulasi ini berasal dari paten terbaru perusahaan.

Pada Juli 2021, Samsung Electronics diketahui mengajukan paten ke World Intellectual Property Office (WIPO) untuk "peralatan elektronik yang dapat digeser dan metode untuk menggunakan layar transparan pada alat elektronik tersebut."

Dokumentasi ekstensif menjelaskan, smartphone Samsung Galaxy yang layarnya bisa ditarik menjadi lebih lebar. Hal tersebut memungkinkan pengguna memperbesar area layar dalam sekejap. Dengan begitu, layar akan ideal untuk diperlebar pada saat-saat yang diinginkan.

Dalam paten, layar fleksibel tersebut terbentang dari sisi kanan hingga bagian belakang smartphone. Oleh karena itu, dalam bentuk ringkasnya, perangkat ini adalah smartphone dengan dua sisi layar.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seperti Laptop

Salah satu fitur khususnya adalah opsi untuk melepaskan bagian layar dari housing di bagian belakang. Pengguna bisa memutar layarnya agar ponsel bisa jadi tegak. Dengan begitu form factor-nya mirip dengan laptop.

Dengan cara ini, mengguna bisa menggunakan beberapa aplikasi secara berdampingan tanpa masalah. Dengan bentuk ini, smartphone akan ideal untuk dipakai bekerja dan hiburan, misalnya main gim mobile atau menonton konten.

Masih menurut sumber yang sama, dokumen paten juga memperlihatkan Samsung bermaksud membuat bagian layar menjadi transparan.

Untuk membuatnya jadi kenyataan, perusahaan akan menggunakan pelat polarisasi. Tingkat transparansi pun bergantung pada penggunaan.

3 dari 4 halaman

Hadir dengan Beberapa Kamera

Begitu pengguna ingin mengambil gambar, layar akan menjadi transparan sehingga kamera bisa menembus. Pengguna juga bisa memilih filter, seperti filter ultraviolet, L netral, polarisasi dan filter silang.

Pada paten, Galaxy Z Slide hadir dengan beberapa kamera. Sistem kamera belakangnya memiliki sensor di bawah layar. Diduga, kamera yang dimaksud mulai dari wide-angle dan telephoto.

Kamera depan di bawah layar bisa dipakai untuk mengambil foto selfie. Pengguna juga akan bisa memakai kamera berputar yang bisa bergerak maju dan mundur untuk selfie.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang 5G

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.