Sukses

WhatsApp Rilis Ekstensi Browser Baru Tingkatkan Keamanan Aplikasi Versi Web

WhatsApp baru saja meluncurkan ekstensi browser dengan nama Code Verify untuk menjamin keamanan saat mengakses aplikasi chatting ini dari browser.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp baru saja meluncurkan ekstensi baru untuk browser Microsoft Edge, Google Chrome, dan Mozilla Firefox. Ekstensi baru ini hadir untuk memastikan enkripsi end-to-end yang ada di WhatsApp versi web tetap terjamin keamanannya.

Dikutip dari GSM Arena, Sabtu (12/3/2022), ekstensi ini baru ini hadir seiring dengan dukungan multi-device yang ada di WhatsApp.

Sejak diluncurkan akhir tahun lalu, pengguna yang menggunakan WhatsApp Web ternyata meningkat, sehingga perusahaan menambah lapisan keamanan untuk versi web.

"Mulai hari ini, kamu bisa menggunakan Code Verify, ekstensi open source untuk browser yang secara otomatis memverifikasi keaslian kode WhatsApp yang muncul di browser pengguna," tulis Meta melalui laman blog-nya.

Dengan ekstensi ini, pengguna dapat memastikan kode WhatsApp Web yang diaksesnya belum dirusak atau diubah, sehingga keamanannya masih sama dengan pengguna yang lain.

Cara kerja ekstensi browser ini juga terbilang sederhana. Code Verify hanya akan membandingkan hash code dari WhatsApp Web yang sedang diakses pengguna dengan unggahan di Cloudflare.

Apabila semuanya baik-baik saja, ekstensi akan memberikan centang hijau. Namun jika ternyata bermasalah, pengguna akan melihat notifikasi berwarna orange atau merah ketika membuka WhatsApp versi web di browser.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengguna WhatsApp Kini Bisa Tinjau Pesan Suara Sebelum Dikirim

Di sisi lain, WhatsApp punya fitur pengiriman pesan suara WhatsApp. Fitur ini berguna bagi mereka yang malas mengetikkan chat namun ingin tetap terhubung dengan pengguna lainnya.

Namun seringkali, pembuatan pesan suara di WhatsApp kerapkali diselingi dengan hambatan seperti kata-kata "umm.." atau "emm..". Hal ini pun membuat pesan suara jadi lebih panjang dan tidak begitu jelas.

Nah, para pengguna yang kerap memakai layanan pesan suara WhatsApp kini bisa lebih nyaman dalam mengirimkan pesan suara. Pasalnya, perusahaan mengumumkan update fitur WhatsApp (pesan suara) pada versi terbaru WhatsApp.

Mengutip Ubergizmo, Kamis (16/12/2021), menurut unggahan WhatsApp, pengguna kini bisa melihat atau meninjau pesan suaranya sebelum mengirimkannya ke pengguna lain.

Sebelumnya, opsi untuk meninjau pesan suara di WhatsApp tidak ada. Sebab, ketika mengirim pesan suara, pengguna harus menekan dan tahan tombol rekam. Hal ini kadang membuat mereka tidak sengaja mengirimkan pesan yang tidak direkam dengan benar.

3 dari 4 halaman

Berguna untuk Mereka yang Tergantung pada Pesan Suara

Alih-alih membatalkan pengiriman, pembaruan fitur pesan suara ini memungkinkan pengguna melihat pratinjau pesan apa yang baru direkam dan memutuskan apakah ingin mengirimnya.

Fitur ini dinilai sebagai fitur yang cukup berguna, terutama bagi mereka yang sangat tergatung pada pesan suara di WhatsApp.

Sekadar informasi, WhatsApp bukanlah satu-satunya aplikasi yang memungkinkan pengiriman pesan suara. Namun penambahan fitur ini membuat WhatsApp jadi lebih berguna.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

nfografis Kenali Fungsi Skrining Aplikasi PeduliLindungi untuk 6 Aktivitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini