Sukses

Instagram Rilis Fitur Moderator untuk Cegah Perundungan di Siaran Live

Instagram telah meluncurkan fitur Moderator yang dapat dimanfaatkan oleh kreator untuk menghadirkan siaran live yang lebih aman dan nyaman.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram telah mengumumkan kehadiran fitur Moderator untuk mendukung pengalaman Live yang lebih aman dan nyaman. Fitur ini diluncurkan untuk pengguna global, termasuk di Indonesia.

"Mulai hari ini, pengguna Instagram di Indonesia akan mulai melihat fitur Moderator saat melakukan Live," tutur Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik, Putri Silalahi dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (13/3/2022).

Lebih lanjut, Putri menuturkan, Moderator bertugas untuk memitigasi berbagai macam bentuk tindak pelecahan dan perundungan yang terjadi selama Live berlangsung.

"Kami mengerti pentingnya ruangan virtual yang positif bagi pengguna Instagram, khususnya para kreator, dan kami berharap para kreator dapat lebih fokus terhadap kualitas konten yang dibagikan saat Live dengan adanya fitur baru ini," tutur Putri.

Adapun pemilihan Moderator dalam siaran Live ditentukan oleh kreator dari follower atau orang yang bukan follower.

Nantinya, Moderator dapat melaporkan komentar sensitif, membungkam komentar yang dianggap kurang pantas, bahkan menghapus penonton yang menunjukkan perilaku tidak wajar.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menunjuk Moderator

Untuk menunjuk Moderator, Kreator dapat melakukannya dengan dua cara sebagai berikut :

1. Ketuk ikon tiga titik di kolom komentar dan pilih fitur Tambahkan Moderator

  • Kreator dapat mencari username secara spesifik atau langsung menambahkan dari daftar Disarankan, lalu ketuk tombol Tambahkan
  • Pemberitahunan konfirmasi lalu akan muncul di layar dan menjelaskan peran Moderator secara singkat, kreator tinggal mengetuk tombol 'Konfirmasi'

2. Ketuk tombol call-to-action untuk menambahkan Moderator selama Live, jika kreator belum melakukan langkah pertama

  • Saat mengetuk tombol 'call-to-action', layar akan beralih ke lembar penonton di mana kreator dapat memilih salah satu username.
  • Ketuk fitur 'Tambahkan Moderator' dan kreator akan menerima pemberitahuan konfirmasi
3 dari 4 halaman

Tampilan Moderator Saat Live

Sebagai tambahan, kreator dapat menghapus Moderator kapan saja dengan membuka lembar penonton. Nantinya, Moderator akan muncul di daftar penonton paling atas dengan teks pendamping 'Moderator'.

Setelah Live berakhir, kreator dapat meninjau tindakan yang sudah dilakukan Moderator, lalu mengambil beberapa langkah tambahan, seperti memblokir penonton, menghapus penonton sebagai follower, menyembunyikan video siaran langsung dari penonton.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Istri Tentara Nyinyir di Media Sosial

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini