Sukses

Cara Nonaktifkan Siri di iPhone atau iPad

Cara menonaktifkan Siri di iPhone atau iPad, cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Asisten virtual Apple, Siri, memang pintar dan kerap memudahkan aktivitas penggunanya. Namun tak berarti pengguna iPhone atau iPad selalu membutuhkan bantuan asisten virtual Siri.

Makanya, terkadang pengguna iPhone atau iPad merasa lebih nyaman jika Siri dinonaktifkan.

Bagaimana cara nonaktifkan Siri pada perangkat iPhone atau iPad (iOS 11 ke atas), berikut tipsnya seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari Digital Trends, Sabtu (12/3/2022).

1. Masuk ke Setting/ Pengaturan iPhone

2. Pilih Siri & Search/ Siri & Pencarian

3. Ketuk nonaktifkan tombol 'Dengarkan "Hey Siri"', 'Tombol Samping untuk Siri', 'Izinkan Siri Saat Terkunci'.

4. Ketuk Matikan Siri pada pop-up

Pop-up ini memungkinkan pengguna mematikan Siri sepenuhnya muncul jika pengguna mematikan dua opsi teratas.

Jika pengguna kesal karena tidak sengaja memicu Siri dengan tombol samping, pengguna bisa menonaktifkan opsi tersebut, tetap menggunakan perintah "Hey Siri", dan membiarkan Siri berfungsi saat iPhone terkunci.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Matikan Siri Suggestion untuk Aplikasi-Aplikasi Tertentu

Salah satu fitur peningkatan Apple di iOS 15 adalah Siri Suggestion. Kini, Siri memberi saran untuk hal-hal seperti panggilan untuk meeting, mengonfirmasi janji temu, membuat email, mencari Safari, dan tindakan lainnya berdasarkan rutinitas harian pengguna dan cara si pengguna menggunakan aplikasi.

Pengguna pun bisa mengendalikan bagaimana Suggestion (saran) tersebut muncul atau tidak. Siri Suggestion biasanya sangat membantu aktivitas pengguna, namun jika pengguna ingin menonaktifkannya, berikut caranya:

1. Ketuk Setting dan Siri & Search

2. Scroll bawah dan nonaktifkan Allow Notifications, Show in App Library & Spotlight, Show When Sharing, atau Show When Listening, atau kombinasi lainnya.

3 dari 4 halaman

Cara Matikan Siri Suggestion untuk Aplikasi-Aplikasi Tertentu (2)

3. Pengguna bisa menemukan preferensi Siri mana yang mau diaktifkan dengan cara scrolling ke bawah dan mematikan Siri Suggestion untuk aplikasi-aplikasi tertentu.

Misalnya, ketika pengguna tidak ingin Siri menyediakan saran untuk Safari, ketuk opsi Safari.

4. Geser slider ke posisi off untuk menonaktifkannya. Misalnya, mematikan Show Siri Suggestions in App akan menghentikan Siri memberi saran ketika si pengguna memakai Safari.

Pengguna bisa memilih fitur Siri pada aplikasi apa yang ingin diaktifkan dan mana yang ingin dinonaktifkan.

(Tin/Ysl)

 

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang iPhone

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.