Sukses

Tips Instagram agar Pengguna Perempuan Tetap Aman dan Produktif

Berikut ini ada beberapa tips dari Instagram bagi pengguna perempuan untuk tetap aman dan nyaman di platformnya, sekaligus tetap produktif.

Liputan6.com, Jakarta - Bertepatan dengan peringatan Hari Perempuan Internasional tahun ini, Instagram mengajak para pengguna untuk menciptakan ruang online yang nyaman, terutama bagi perempuan.

Sebagai platform yang mengutamakan terbentuknya komunitas inklusif dan ekspresif, Instagram bertanggung jawab memberikan kenyamanan dan pengalaman online yang positif bagi penggunanya.

Komitmen tersebut juga didukung kehadiran fitur dan pengaturan untuk menjamin produktivitas maupun kreativitas pengguna. Selain fitur dan pengaturan, Instagram juga berbagi tips bagi pengguna perempuan yang ingin berkreasi sekaligus produktif secara aman dan nyaman di platformnya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dibagikan aplikasi milik Meta tersebut bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional melalui keterangan resmi yang diterima, Rabu (9/3/2022) :

Tetap Fokus pada Perkataan dan Perilaku Positif

Pengguna dapat memanfaatkan sejumlah fitur di Instagram untuk menjaga keamanan dan kenyamananya. Salah satunya dapat memanfaatkan fitur Limit yang memungkinkan pengguna menyembunyikan komentar atau DM yang mengandung perundungan termasuk pelecehan.

Instagram juga menghadirkan opsi Blokir untuk membantu pengguna memblokir akun yang dianggap mengganggu kenyamanan.

Selain itu, pengguna dapat pula menyembunyikan secara otomatis permintaan DM yang mengandung kata, frasa, atau emoji dengan unsur kebencian, penipuan, maupun pelecehan, sehingga pengguna tidak perlu melihat maupun membacanya.

Beri Waktu Jeda untuk Kembali Produktif

Mengakses internet termasuk media sosial tidak dimungkiri dapat mengganggu produktivitas. Untuk itu, Instagram memperkuat komitmennya untuk memberikan pengalaman bermakna melalui pembaruan yang dilakukan.

Salah satunya adalah fitur Pengingat untuk Istirahat yang baru diluncurkan. Fitur ini bertujuan membantu pengguna mengingatkan pengguna untuk beristirahat saat mengakses Instagram ketika melewati jangka waktu tertentu yang sudah ditentukan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cari Sumber Inspirasi untuk Terus Berkarya

Selain terhubung dengan orang dan hal yang disukai, pengguna juga dapat mengetahui tren dan budaya baru dalam platform Instagram. Karenanya, platform ini bisa menjadi salah satu inspirasi bagi para pengguna, termasuk perempuan.

Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah Reels. Sebab, konten Reels kini menampilkan beragam kreator konten baru dari berbagai kategori.

Selain itu, di Indonesia, Instagram juga menjalin kerja sama jangka panjang dengan Plan Indonesia untuk menjalankan misi bersama, yakni mengadvokasi keamanan dan kenyamanan para perempuan, terutama di ranah online.

Lewat kampanye #BystanderTukRuangAman yang akan segera diluncurkan, Plan Indonesia yang didukung Instagram mengajak kaum muda berani melakukan intervensi ketika melihat kekerasan terjadi di ruang digital, terutama pada anak perempuan.

 

3 dari 4 halaman

Stiker Khusus Hari Perempuan Sedunia

Instagram juga berkolabolarasi dengan Channel Miller untuk membuat rangkaian stiker khusus Hari Perempuan Sedunia. Channel merupakan seorang kreator konten yang juga penyintas kekerasan seksual dan kini menjadi seorang penulis sekaligus seniman.

Lewat kolaborasi ini, pengguna Instagram di seluruh dunia kini dapat menggunakan tiga stiker karya Channel pada Storyu dan Reels mereka untuk merayakan sekaligus menunjukkan cara perempuan turut peduli terhadap satu sama lain.

(Dam/Tin)

 

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Instagram

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.