ESL Gaming dan Qualcomm Bakal Gelar Kompetisi Esports Mobile Tingkat Dunia

Oleh Agustinus Mario Damar pada 10 Mar 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 10 Mar 2022, 09:00 WIB
Qualcomm
Perbesar
Qualcomm baru saja memperkenalkan Snapdragon 888 Plus. (Ist.)

Liputan6.com, Jakarta - ESL Gaming bekerja sama dengan Qualcomm menggelar kompetisi esports untuk pemain di seluruh dunia. Kerja sama yang bergulir selama beberapa tahun ini merupakan komitmen bersama untuk memberikan pengalaman esports mobile yang mudah diakses dan berkualitas tinggi.

Kompetisi yang bertajukan Snapdragon Pro Series ini akan menjadi ekosistem esports mobile global yang mencakup komprehensif. Pelaksaannya pun dilakukan di beberapa wilayah, seperti Amerika Utara, Eropa, Timur Tengah, Tiongkok, Afrika Utara, dan Asia-Pasifik, termasuk Indonesia dan Malaysia.

Kompetisi global ini bersifat multi-genre dengan acara final yang disiarkan secara langsung. Nantinya, perangkat yang digunakan dalam kompetisi ini dipersenjatai Snapdragon seri premium yang dilengkapi Snapdragon Elite Gaming.

"Kolaborasi baru dengan Qualcomm Technologies dan produk Snapdragon-nya akan meningkatkan ekosistem mobile kami pada potensi maksimalnya. Kami bersemangat mengubah masa depan esports mobile untuk pemain dan penggemar di seluruh dunia, dan meneruskan menciptakan dunia dimana semua orang bisa menjadi ‘seseorang’," tutur Co-CEO ESL Gaming, Craig Levine dalam keterangan resmi, Rabu (9/3/2022).

Kompetisi ini akan hadir dengan tiga seri, yakni Open, Challenge, dan Masters. Kompetisi esports ini akan memberikan kesempatan bagi para pemain dari berbagai kawasan dan berbagai tingkat dengan total hadiah mencapai USD 2 juta atau sekitar Rp 28 miliar.

Di sisi lain, Senior Vice President and Chief Marketing Officer, Qualcomm Technologies, Don McGuire menuturkan, Snapdragon Elite Gaming telah memimpin industri di seluruh teknologi mobile game. Karenanya, kemitraan ini menjadi pilar tambahan penting dari strategi gaming perusahaan.

"Dalam kemitraan dengan ESL, Snapdragon Pro Series akan menjadi pilar tambahan penting dari strategi gaming komprehensif kami yang memungkinkan perusahaan membangun kepemimpinan dalam kategori esports mobile secara global," tuturnya.

Kendati demikian, informasi mengenai game dan jadwal penyelenggaraan kompetisi ini belum diungkap. Dalam keterangannya, Qualcomm menyebut informasi detail mengenai program ini baru akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Qualcomm Umumkan Modem 5G Berbasis AI Snapdragon X70 di MWC 2022

Qualcomm
Perbesar
Tampilan Snapdragon 480 yang baru diperkenalkan Qualcomm. (Sumber: Qualcomm)

Di sisi lain, Qualcomm mengumumkan modem 5G terbarunya, Snapdragon X70, di gelaran pameran Mobile World Congress/ MWC 2022.

Teknologi Snapdragon X70 menjanjikan pengalaman 5G yang lebih baik untuk generasi selanjutnya dari tablet dan smartphone.

Modem 5G Snapdragon X70 merupakan suksesor dari Snapdragon X65. Snapdragon X65 digunakan pada lini smartphone Galaxy S22. Sementara, Snapdragon X70 menjanjikan kemampuan yang lebih kuat berkat dukungan teknologi AI Qualcomm yang kian cerdas.

Mengutip Digital Trends, Selasa (1/3/2022), Qualcomm menyebut Snapdragon X70 sebagai prosesor AI 5G pertama di dunia. Prosesor ini dirancang untuk menggunakan machine learning guna memberikan kinerja 5G sebaik mungkin dan memastikan latensi rendah serta efisiensi daya semaksimal mungkin, untuk perangkat seluler.


Kemampuan Snapdragon X70

Qualcom
Perbesar
Qualcomm resmi memperkenalkan Snapdragon 8 Gen 1. (Foto: Qualcomm)

Selama beberapa generasi terakhir dari chip Snapdragon 5G, Qualcomm lebih menekankan pada penerimaan sinyal. Snapdragon X65 sebelumnya menawarkan algoritme baru yang membantu memaksimalkan kekuatan sinyal dengan menyesuaikan daya radio secara dinamis berdasarkan bagaimana seseorang memegang dan menggunakan smartphone.

Sementara kini Snapdragon X70 sampai tingkat berikutnya dengan seluruh rangkaian fitur berbasis AI. Mulai dari manajemen berkas mmWave, penyetelan antena, hingga pemilihan jaringan, dan konsumsi daya.

Tak hanya memaksimalkan kinerja, Qualcomm juga menyebut, mpdem 5G Snapdragon X70 akan mendukung tiap pita frekuensi 5G. Mulai dari 600MHz hingga 41GHz, bagian atas dari pita frekuensi millimeter wave (mmWave).

Modem 5G ini diklaim akan membantu vendor ponsel menghadirkan perangkat terbaik untuk tiap pasar global mereka.

Sekadar informasi, Snapdragon X70 menawarkan kecepatan unduh hingga 10 Gbps 5G yang sama dengan Snapdragon X65. Namun, fitur AI terbaru bersama 4x downlink akan membuatnya lebih cepat mencapai kecepatan 10 Gbps.

(Dam/Tin)


Infografis Tentang 5G

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Perbesar
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya