Sukses

Ini Syarat dan Cara Pendaftaran SPAN PTKIN 2022

Apa saja syarat yang harus dipenuhi para siswa dan cara pendaftaran SPAN PTKIN 2022? Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) 2022 sudah dibuka mulai Jumat (4/3/2022) hingga Kamis (31/3/2022).

SPAN PTKIN 2022 maupun Ujian Masuk (UM) PTKIN sudah bisa diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

Dengan demikian, baik siswa SMA, MA, MAK, SMK, hingga pesantren Mu’adalah yang telah didaftarkan kepala sekolah atau madrasah masing-masing dapat mengikuti seleksi SPAN PTKIN 2022.

Setelah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk SPAN PTKIN 2022 yang dibuka pada 7-28 Februari 2022 lalu, bersamaan dengan masa verifikasinya, mereka dapat melaju ke tahap pendaftaran SPAN PTKIN 2022.

Apa saja syarat yang harus dipenuhi para siswa dan cara pendaftaran SPAN PTKIN 2022? Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti sebagaimana dikutip dari laman resmi span-ptkin.ac.id.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Persyaratan

- Madrasah/Sekolah/Pesantren Mu’adalah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah Madrasah/Sekolah/Pesantren Mu’adalah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.

- Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Mu’adalah masing - masing.

- Siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah kelas terakhir pada tahun 2022.

- Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi.

- Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

- Memiliki nilai rapor Kelas X/1, Kelas X/2, Kelas XI/1, Kelas XI/2 dan Kelas XII/1 yang telah diisikan di PDSS.

 

3 dari 5 halaman

Cara Pendaftaran SPAN PTKIN 2022

- Melakukan registrasi siswa menggunakan NISN dan email yang masih aktif di siswa.span-ptkin.ac.id

- Validasi akan dikirim ke email siswa

- Login pada siswa.span-ptkin.ac.id

- Cek data dan nilai rapor (hubungi operator sekolah jika ada data dan nilai yang salah)

- Unggah rapor kelas XI/1, XI/2, XII/1, dan prestasi tambahan

- Tahapan terakhir, cetak bukti pendaftaran.

 

4 dari 5 halaman

Apa Itu SPAN-PTKIN?

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh perguruan tinggi dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh 59 Perguruan Tinggi harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

Perguruan Tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah.

Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di Perguruan Tinggi melalui SPAN-PTKIN.

(Dio/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Plus Minus Belajar dari Rumah Secara Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini