Sukses

Terminal Satelit Internet Starlink Elon Musk Tiba di Ukraina

Elon Musk mengirimkan bantuan berupa akses internet dari satelit Starlink ke Ukraina. Kini, terminal untuk transmisi internet dari Starlink tiba di Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta - Ukraina beberapa hari lalu meminta tolong agar Elon Musk mengaktifkan satelit Starlink untuk mendukung infrastruktur internet di negara tersebut, di tengah invasi Rusia.

Terbaru, Wakil Perdana Menteri Ukraina Mikhailo Fedorov mengunggah foto di akun Twitter-nya, memperlihatkan SpaceX mengirimkan kendaraan ke Ukraina.

Kendaraan yang dimaksud berupa truk berisi penuh terminal yang mendukung satelit internet Starlink.

Dalam cuitan tersebut, Fedorov mengucapkan terima kasihnya kepada miliarder sekaligus bos SpaceX Elon Musk.

Elon Musk sebelumnya mengatakan, layanan internet melalui Starlink telah diaktifkan di Rusia dan ke depannya akan lebih banyak terminal untuk mendukung layanan internet tersebut. Di mana, janji Elon Musk kini telah dipenuhi dengan kehadiran truk bermuatan terminal pendukung.

Dalam cuitan balasan, Elon Musk mengucapkan "sama-sama".

Sekadar informasi, untuk bisa menggunakan internet dari Starlink, pengguna harus memiliki terminal pengguna.

Terminal yang dimaksud adalah transceiver yang dijual langsung oleh SpaceX pada tiap pelanggannya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fungsi Transmisi Satelit Starlink

Dalam kondisi langit yang cerah, transceiver ini bisa menstransmisikan dan menerima sinyal dari tiap satelit Starlink yang aktif di angkasa.

Terminal tersebut tiba dengan aman di Ukraina. Meski demikian, tidak diketahui berapa banyak unit terminal yang dikirimkan SpaceX ke negara yang tengah diserang Rusia itu.

Sebelumnya, serangan Rusia terhadap Ukraina telah membuat padamnya sebagian akses internet di Ukraina.

3 dari 4 halaman

Ribuan Satelit Starlink di Orbit Bumi

Melalui SpaceX, Elon Musk telah menempatkan ribuan satelit Starlink ke orbit Bumi dan mulai menyediakan layanan internet broadband di beberapa area.

Satelit Starlink bertujuan untuk membantu mengirimkan sejumlah besar informasi dengan cepat ke mana saja di Bumi tanpa kabel serat optik.

Satelit Starlink juga dapat menyediakan tautan data ke wilayah Ukraina yang kini kehilangan akses internet.

Sejauh ini, SpaceX telah menempatkan lebih dari 1.700 satelit Starlink di orbit, di mana beberapa di antaranya akan melewati Ukraina. Namun Ukraina belum memiliki stasiun di Bumi yang bisa menerima sinyal jaringan Starlink. Stasiun Bumi terdekat adalah di Wola, Krobowska, Polandia.

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Serangan Rusia ke Ukraina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini