Sukses

Qualcomm Umumkan Modem 5G Berbasis AI Snapdragon X70 di MWC 2022

Qualcomm mengumumkan modem 5G terbarunya yang berbasis AI, Snapdragon X70, di gelaran MWC 2022. Modem ini diklaim menghadirkan kecepatan unduh hingga 10Gbps dalam waktu lebih singkat sehingga membuat smartphone lebih hemat daya.

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm mengumumkan modem 5G terbarunya, Snapdragon X70, di gelaran pameran Mobile World Congress/ MWC 2022.

Teknologi Snapdragon X70 menjanjikan pengalaman 5G yang lebih baik untuk generasi selanjutnya dari tablet dan smartphone.

Modem 5G Snapdragon X70 merupakan suksesor dari Snapdragon X65. Snapdragon X65 digunakan pada lini smartphone Galaxy S22. Sementara, Snapdragon X70 menjanjikan kemampuan yang lebih kuat berkat dukungan teknologi AI Qualcomm yang kian cerdas.

Mengutip Digital Trends, Selasa (1/3/2022), Qualcomm menyebut Snapdragon X70 sebagai prosesor AI 5G pertama di dunia. Prosesor ini dirancang untuk menggunakan machine learning guna memberikan kinerja 5G sebaik mungkin dan memastikan latensi rendah serta efisiensi daya semaksimal mungkin, untuk perangkat seluler.

Selama beberapa generasi terakhir dari chip Snapdragon 5G, Qualcomm lebih menekankan pada penerimaan sinyal. Snapdragon X65 sebelumnya menawarkan algoritme baru yang membantu memaksimalkan kekuatan sinyal dengan menyesuaikan daya radio secara dinamis berdasarkan bagaimana seseorang memegang dan menggunakan smartphone.

Sementara kini Snapdragon X70 sampai tingkat berikutnya dengan seluruh rangkaian fitur berbasis AI. Mulai dari manajemen berkas mmWave, penyetelan antena, hingga pemilihan jaringan, dan konsumsi daya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukung Berbagai Pita Frekuensi dari 600MHz-41GHz

Tak hanya memaksimalkan kinerja, Qualcomm juga menyebut, mpdem 5G Snapdragon X70 akan mendukung tiap pita frekuensi 5G. Mulai dari 600MHz hingga 41GHz, bagian atas dari pita frekuensi millimeter wave (mmWave).

Modem 5G ini diklaim akan membantu vendor ponsel menghadirkan perangkat terbaik untuk tiap pasar global mereka.

Sekadar informasi, Snapdragon X70 menawarkan kecepatan unduh hingga 10 Gbps 5G yang sama dengan Snapdragon X65. Namun, fitur AI terbaru bersama 4x downlink akan membuatnya lebih cepat mencapai kecepatan 10 Gbps.

Teknologi PowerSave generasi ketiga Qualcomm dan desain chip 4nm memungkinkan modem tersebut cepat mencapai kecepatan unduh di atas, dengan daya lebih sedikit. Dengan begitu, masa pakai baterai smartphone bisa lebih panjang.

3 dari 4 halaman

Kemungkinan Dipakai di Galaxy S23

Dalam pernyataan resminya, Senior Vice President 5G Mobile Broadband and Infrastructure Qualcomm Durga Malladi, mengatakan, "Snapdragon X70 merupakan contoh bagaimana perusahaan merealisasikan potensi penuh 5G dan membuat dunia yang terkoneksi secara cerdas menjadi mungkin."

Snapdragon X70 akan mulai digunakan di smartphone per akhir tahun 2022. Perangkat pertama yang kebagian modem ini bisa saja dirilis akhir 2022. Bisa jadi, modem 5G Snapdragon X70 bakal dipakai pada flagship smartphone Samsung Galaxy S23 yang rilis 2023.

Sementara itu, Apple belum mengimplementasikan modem Snapdragon X65. Sejumlah rumor menyebut, iPhone 14 mendatang akan menggunakan modem Snapdragon X65.

Itu artinya, penggemar iPhone harus menanti hingga akhir 2023 untuk melihat iPhone generasi berikutnya menggunakan teknologi modem 5G di Snapdragon X70 ini.

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang 5G

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.