Sukses

Hands-on Samsung Galaxy Tab S8 Plus, Tablet Android 5G yang Asik untuk Hiburan

Hands-on Galaxy Tab S8 Plus, tablet Android berjaringan 5G terbaru Samsung yang asik untuk hiburan, mulai dari streaming film, musik, menggambar, hingga video call.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung baru memperkenalkan Galaxy Tab S8 series, seri tablet Android 5G terbarunya. Samsung masih membuka pre-order untuk Galaxy Tab S8 series hingga 3 Maret mendatang.

Ada tiga model di seri Galaxy Tab S8, yakni Galaxy Tab S8 (11 inci), Galaxy Tab S8 Plus (12,4 inci), dan Galaxy Tab S8 Ultra (14,6 inci).

Tekno Liputan6.com kebagian mengulas model Galaxy Tab S8 Plus. Perangkat ini punya layar 12,4 inci dengan cinematic viewing experience. Hal ini membuat kegiatan nonton film atau serial favorit di layar jadi lebih menyenangkan dan jernih.

Galaxy Tab S8 Plus juga didukung refresh rate hingga 120Hz yang membuat transisi saat menikmati konten sangat smooth.

Tampilan Galaxy Tab S8 Plus (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Dari segi desain, Samsung Galaxy Tab S8 Plus tampak sangat premium dengan tampilan stylish. Perangkat ini memiliki bodi sangat tipis dengan frame armor aluminium yang memiliki durabilitas lebih tinggi dibanding pendahulu. Frame ini juga diklaim lebih kuat, tahan bending, dan scratch-resistant.

Bodi tipis Samsung Galaxy Tab S8 Plus (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Seperti pendahulu, dudukan S Pen ditempatkan di bodi belakang, di bawah kamera. Namun di body Galaxy Tab S8 Plus kali ini, dudukan S Pen dibuat seperti menyambung dengan kamera belakang.

S Pen Galaxy Tab S8 Plus dan dudukannya yang diletakkan di bodi belakang perangkat (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Mengusung warna hitam, dudukan S Pen tersebut menjadi terlihat elegan di tablet warna Graphite. Sementara, unit Samsung Galaxy Tab S8 Plus yang kami ulas adalah warna Silver.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

S Pen dengan Latensi Rendah, Mirip dengan Menulis di Kertas

Galaxy Tab S8 memiliki peningkatan dibanding pendahulunya berkat chipset yang digunakan yakni Snapdragon 8 Gen 1 yang memungkinkan kinerja perangkat lebih kuat dan gegas, dengan peningkatan kinerja CPU 24 persen dan GPU 52 persen dibanding Galaxy Tab S7 Plus.

Perangkat ini juga didukung dengan S Pen yang memiliki latensi sangat rendah, yakni 6,2ms. Dengan begitu, pengalaman menggoreskan S Pen di layar terasa seperi menggoreskan pena ke kertas, sangat real-time dan responsif.

S Pen Galaxy Tab S8 Plus didukung fitur Air Action dan baterai 0,35mAh yang otomatis terisi ulang saat S Pen tertaut di dudukannya.

Tampilan Samsung Galaxy Tab S8 Plus (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).

Jika kamu adalah orang yang sering video conference untuk meeting online atau pekerjaan lainnya, pengalaman video call di Galaxy Tab S8 Plus kini lebih mumpuni. Hal ini berkat kamera 12MP di layar depan dengan sudut pandang hingga 120 derajat.

Kamera di posisikan di tengah atas tablet (horizontal) sehingga lebih nyaman untuk video call. Perangkat ini juga didukung auto framing yang memungkinkan kamera selalu fokus ke pengguna.

Dalam hal ini saat video call, kamera selalu mengikuti pergerakan pengguna, sehingga kalau ada orang lain yang tidak sengaja muncul di frame, kamera langsung fokus dan zoom ke pengguna.

3 dari 4 halaman

Dukungan 4 Speaker Stereo Dolby Atmos

Untuk video call, Galaxy Tab S8 juga didukung tiga mikrofon. Bagi kamu yang senang menikmati audio atau video streaming, Galaxy Tab S8 Plus dibekali empat speaker stereo suara di sisi perangkat.

Hal ini membuat audio yang dikeluarkan perangkat lebih menggelar, cocok untuk nonton streaming film.

Dua speaker dan port USB Type C di sisi Samsung Galaxy Tab S8 Plus (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Meski punya layar yang luas dan segudang fitur yang bisa dinikmati untuk menunjang entertainment pengguna, Galaxy Tab S8 Plus dibekali baterai bongsor yakni 10.090 mAh.

Tampilan kamera Galaxy Tab S8 Plus (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Meski kapasitas baterai besar pengisian daya Galaxy Tab S8 Plus cukup cepat. Pasalnya perangkat ini sudah didukung kemampuan super fast charging 45W. Pengujian internal Samsung menyebut, isi daya hingga penuh hanya butuh 82 menit.

Sementara jika menggunakan pengisi daya 25W, isi daya berlangsung satu setengah jam. Bagi pecinta binge watching serial di layanan streaming, Galaxy Tab S8 Plus mampu bertahan hingga lebih dari 8 jam.

Galaxy Tab S8 Plus sudah bisa terhubung ke internet 5G. Pengguna bisa menyematkan satu buah SIM card ke perangkat ini.

(Tin/Isk)

 

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang 5G

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini