Sukses

AWS Umumkan Kolaborasi dengan ICS Compute untuk Percepat Transformasi Digital

ICS Compute dan AWS akan bekerja sama melakukan peningkatan keterampilan sumber daya manusia dan pengembangan fitur lanjutan di AWS.

Liputan6.com, Jakarta - AWS baru saja mengumumkan kolaborasi terkini mereka dengan salah satu perusahaan solusi cloud computing di Indonesia, yakni ICS Compute.

Lewat penandatanganan Perjanjian Kolaborasi (Strategis Strategic Collaboration Agreement/SCA) ini, ICS Compute dan AWS akan bekerja sama melakukan peningkatan keterampilan sumber daya manusia dan pengembangan fitur lanjutan di AWS.

Selain itu, ICS Compute juga akan meningkatkan penggunaan layanan AWS, seperti analitik data, machine learning, Kecerdasan Artifisial (AI), dan serverless, untuk mendorong inovasi digital di Indonesia.

“Kami menyambut dengan gembira peningkatan kemitraan dengan AWS ini dan untuk membantu pelanggan kami mendapatkan nilai lebih dari cloud serta untuk mengembangkan generasi baru praktisi cloud yang terampil,” ujar Budhi Wibawa, Founder dan CEO ICS Compute dalam sesi temu media AWS dan ICS Compute baru-baru ini.

Dia juga mengatakan, "Kami berharap dapat tumbuh bersama generasi muda bangsa dan terus mengembangkan solusi yang tepat untuk bisnis Indonesia di semua level."

ICS Compute berencana mengembangkan praktik konsultasi FinOps bersama dengan AWS, termasuk mempersiapkan tim lintas departemen, multidisiplin di bidang keuangan, konsultasi dan teknik.

“Mitra kami (ICS Compute) memiliki peranan yang sangat penting untuk mendorong perluasan penggunaan cloud lokal, termasuk di Indonesia,” ucap Gunawan Susanto, Country Manager, Indonesia, AWS.

Selain itu, Perjanjian Kolaborasi Strategis ini juga mencakup pelatihan untuk peningkatan kapasitas tim sales, serta untuk peningkatan kapabilitas teknis dan pelaksanaan bisnis migrasi cloud yang dijalankan ICS Compute. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peran FinOps di Masa Mendatang

Lebih lanjut, Budhi Wibawa memprediksi FinOps akan memainkan peranan yang lebih penting seiring dengan kian matangnya transformasi cloud di Indonesia.

Sebagai bidang ilmu dan praktik budaya yang terus berkembang, FinOps membantu memaksimalkan nilai bisnis organisasi dengan mendukung tim teknik, keuangan, teknologi, dan bisnis dalam kolaborasi untuk mengambil keputusan belanja (spending) berdasarkan data.

FinOps akan membantu tim mengelola biaya cloud mereka, di mana karyawan mencatatkan penggunaan cloud atas nama mereka masing-masing, dengan didukung oleh kelompok praktik terbaik dari pusat.

Tim lintas fungsi di berbagai bidang, di antaranya Teknik, Keuangan, dan Produk, bekerja sama untuk memungkinkan pengiriman produk dengan lebih cepat, dan di saat yang sama mampu mengendalikan keuangan dengan lebih baik serta meningkatkan prediktabilitas.

 

3 dari 3 halaman

AWS Bermitra dengan ICS Compute Sejak 2017

ICS Compute telah menjadi Mitra Konsultasi AWS sejak 2017, dan melayani pelanggan di berbagai bidang industri, dengan fokus khusus pada sektor jasa keuangan dan perusahaan rintisan.

"ICS Compute kerap mengelola seluruh infrastruktur TI milik pelanggan, dan dengan cepat menjadi penasihat terpercaya bagi para pelanggannya," kata Gunawan.

Perjanjian Kolaborasi Strategis dengan ICS Compute ini akan memperkuat dan memperdalam komitmen bersama AWS untuk mengembangkan talenta digital, dan untuk membangun solusi cloud yang kuat dan inovatif untuk pelanggan di Indonesia.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini