Bocoran Terbaru Ungkap Desain iPhone 14

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 24 Feb 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 24 Feb 2022, 13:00 WIB
iPhone 14 Pro
Perbesar
Bocoran iPhone 14 series (Foto: Twitter/ @EveryApplePro).

Liputan6.com, Jakarta - iPhone 14 jadi iPhone yang akan dirilis tahun 2022 ini. Meski masih jauh dari tanggal peluncurannya, sejumlah bocoran mengenai iPhone 14 mulai beredar di internet.

Mengutip Forbes, Kamis (23/2/2022), bocoran iPhone 14 mengungkapkan ada banyak perubahan, termasuk dari segi desain.

Dalam situs The Elec yang terpercaya, iPhone 14 tidak akan menyertakan refresh rate tinggi 120Hz lewat fitur ProMotion. Hal ini dinilai sangat disayangkan mengingat saat ini, smartphone kelas menengah pun sudah dibekali dengan refresh rate tinggi.

Dalam update tersebut, bocoran juga mengungkap akan ada kesenjangan antara model iPhone 14 dan iPhone 14 Pro.

Laporan Engaget Jepang menyebut, Apple berencana untuk meningkatkan iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max menggunakan RAM 8GB.

Peningkatan ini adalah update signifikan setelah sebelumnya Apple selalu menghadirkan RAM 6GB untuk versi iPhone 12 Pro dan iPhone 13 Pro.

Sementara, pada smartphone Android, RAM besar sudah dipakai selama bertahun-tahun terakhir. Masalah RAM ini memang jadi perdebatan tersendiri, pasalnya iOS dianggap membutuhkan lebih sedikit RAM ketimbang Android.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Segera Uji Produksi iPhone 14

Prosessor Bekerja Terlalu Berat
Perbesar
Ilustrasi Ponsel iPhone Credit: pexels.com/cottonbro

Berdasarkan tes kecepatan PhoneBuff, secara teratur memperlihatkan flagship Android mempersempit kesenjangan kinerja secara signifikan saat RAM tambahan diaktifkan. Kehadiran RAM tambahan jauh melebihi kinerja saat penggunaan nomal.

Selain itu, RAM dianggap sangat penting untuk kinerja fitur lain, misalnya kamera. Oleh karena itu, bakal menarik jika Apple memiliki rencana besar penambahan RAM untuk jajaran iPhone 14-nya.

Sementara itu, laporan dari Economic Daily News mengungkap, produksi uji coba untuk desain model iPhone baru akan dimulai akhir Februari atau awal Maret. Hal ini sejalan dengan proses desain Apple dalam beberapa tahun terakhir.

Produksi uji coba desain dilakukan sedini mungkin untuk memantau kualitas produk dan memastikan iPhone 14 beroperasi tanpa cacat apa pun.

Sejumlah foto bocoran suku cadang pun bermunculan, dan akan memperlihatkan pilihan modem, modul kamera, opsi penyimpanan, kapasitas baterai, dan berbagai informasi lainnya tentang iPhone 14.


Notch Bakal Diubah di iPhone 14 Pro?

Bocoran iPhone 14
Perbesar
iPhone 14 Pro dikabarkan tidak akan lagi menggunakan notch melainkan cutout berbentuk serupa huruf i (Foto: EveryApplePro).

Lebih rinci, The Elec mengungkapkan, pemasok layar Apple, BOE, akan meningkatkan bisnisnya dengan Apple. BOE akan memasok panel OLED TFT atau TFT suhu rendah sebesar 6,06 inci untuk seri iPhone 14.

Layar LTPS yang dipakai pada iPhone lama seperti iPhone X, iPhone 11, dan iPhone 12, serta iPhone 13, dan iPhone 13 Mini semuanya hadir dengan refresh rate standar 60Hz.

Untuk tampilan ProMotion, Apple secara ekslusif menggunakan panel LPTO. Hal ini karena panel LPTO mampu memberi kecepatan refresh rate variabel yang memungkinkan perangkat melawan pengurasan baterai akibat perubahan refresh rare tinggi ke rendah, seperti saat membaca email.

Selain itu, kabarnya Apple berencana untuk menggunakan cut-out i-Shape untuk menggantikan notch pada iPhone 14 Pro. Diperkirakan, harga iPhone 14 Pro akan lebih mahal karena desain ini.

(Tin/Isk)


Infografis Tentang Apple

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya