Sukses

Sempat Hilang, Aplikasi PeduliLindungi Sudah Kembali Muncul di App Store

Selang dua hari raib dari App Store, aplikasi PeduliLindungi kini sudah kembali hadir bagi para pengguna perangkat iOS.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi PeduliLindungi sempat hilang dari App Store, toko digital milik Apple tersebut pada Senin 21 Februari 2022.

Saat itu, PeduliLindungi hilang dari App Store karena sedang terjadi perubahan status aplikasi di App Store.

"Perlu kami informasikan sedang terjadi perubahan status PeduliLindungi di App Store sehingga aplikasi tidak muncul melalui kolom pencarian," tutur juru bicara Kemkominfo, Dedy Permadi.

Selang dua hari raib dari App Store, aplikasi PeduliLindungi kini sudah kembali hadir bagi para pengguna perangkat iOS.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga memberikan sejumlah peningkatan atau update lewat versi 4.1.14 ini.

Adapun update tersebut, antara lain memperbaharui tampilan banner pada homepage--yang sebelumnya hanya warna biru--agar menyesuaikan status warna kode QR PeduliLindungi pengguna.

Dengan begini, pengguna tidak perlu lagi memunculkan tampilan kode QR PeduliLindungi untuk dapat mengetahui status warnanya apakah hijau, kuning, merah, atau hitam.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemenkes Update Arti Status Warna Kode QR PeduliLindungi

Berikut daftar lengkap kegiatan yang wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi selama PPKM. (dok.Fimela.com)

Di sisi lain, Kemenkes baru saja memperbarui informasi terkait status warna hitam sebagai tanda Kasus Konfirmasi Covid-19 dan Kontak Erat di PeduliLindungi.

Dikutip dari situs Kemenkes, Selasa (15/2/2022), status warna hitam akan tetap tampil hingga dilakukan tes PCR ulang dua kali dengan jangka waktu 24 jam pada H+5 dan H+6 (hari ke-6 dan hari ke-7) dengan hasil negatif.

Sementara untuk kategori kotak erat, status warna akan hitam sampai dilakukan tes ulang pada H+5 (hari ke-6) sampai H+9 (hari ke-10) dengan hasil negatif.

 

3 dari 3 halaman

Kode QR PeduliLindungi

Pengunjung ataupun pegawai Mal Summarecon Serpong wajib scan barcode Pedulilindungi sebagai syarat masuk ke dalam mal di tiap pintu masuk. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Bila hasil tes negatif, status warna kode QR PeduliLindungi akan kembali seperti semula. Sementara bila tidak dilakukan tes ulang, warnanya kembali seperti semula pada H+10 (hari ke-11).

Diketahui, kode QR PeduliLindungi terdiri dari 3 warna lainnya selain warna hitam, yaitu hijau, kuning, dan merah.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.