Sukses

Headset Mixed Reality Apple Diprediksi Rilis Akhir 2022

Pemerhati industri memprediksi Apple akan segera merilis headset mixed realitynya di akhir 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berbulan-bulan beredar rumornya di internet, MacRumors menyebut produk headset mixed reality (AR dan VR) Apple telah menyelesaikan tes produksinya.

Tes produksi adalah bagian dari upaya berkelanjutan yang dilakukan Apple untuk memastikan headset memenuhi standar desain Apple.

Kabar ini pertama diungkap oleh salah satu pemasok komponen headset dan perangkat Apple. Dengan kabar tersebut, headset mixed reality Apple diperkirakan akan rilis akhir 2022.

Namun para pakar di industri belum menemukan kecocokan timeline terkait kapan peluncuran headset mixed reality Apple ini.

Mengutip Digital Trends, Selasa (22/2/2022), Mark Gurman dari Bloomberg meragukan perilisan headset mixed reality Apple ini akan segera dirilis, karena adanya masalah dengan proses desain.

Karena headset tersebut telah menyelesaikan pengujian putaran keduanya, kini produk headset mixed reality ini berada di jalur yang mirip dengan saat Apple Watch pertama kali diproduksi.

Artinya, hal itu merupakan pertanda baik, karena ada kemungkinan Apple benar-benar merilisnya akhir 2022.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bakal Dijual dengan Harga Mahal

Selain desain, seperti vendor teknologi lain kini Apple berhadapan dengan masalah rantai pasokan global. Kendati demikian, ada tanda-tanda yang menyebut masalah pasokan global mulai membaik.

Jika pasokan global dan desain berjalan dengan baik, headset Apple bisa dirilis antara 2022 atau pertengahan 2023.

Perangkat headset mixed reality Apple ini diperkirakan akan mengusung harga yang mahal, yakni mulai USD 3.000 (setara Rp 43 jutaan). Teknologi yang diboyongnya pun juga tidak main-main.

Mulai dari headset yang super ringan serta nyaman dipakai, layar 8K, dan performa mumpuni berkat chip Apple Silicon.

Headset mixed reality ini digadang-gadang akan menjalankan realityOS, jika merujuk pada konvensi penamaan yang diterapkan Apple.

3 dari 4 halaman

Pendorong Apple Masuki Teknologi AR/VR

Sekadar informasi, Apple diprediksi akan mengumumkan banyak gadget tahun ini. Jumlahnya kemungkinan tujuh perangkat, termasuk Mac. Apple juga kemungkinan bakal merilis iPad Pro baru dan seri iPhone 14.

Hal yang mendorong Apple untuk mulai fokus ke industri AR/VP mengindikasikan sudah adanya pergeseran secara luas menuju teknologi baru.

VR sendiri telah berkembang di sektor video game selama beberapa waktu terakhir dan kini sudah lebih umum di kalangan pengguna.

Dengan dorongan dari Meta yang menuju ke pengalaman virtual, perangkat AR/VR pun bakal jadi produk yang lebih mainstream dalam beberapa tahun ke depan.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Apple

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini