Sukses

Cara Dapatkan Akun Pembelajaran di Belajar.id Beserta Manfaatnya

Berikut cara mudah untuk mendapatkan akun pembelajaran di Belajar.id.

Liputan6.com, Jakarta - Belajar jarak jauh atau secara daring masih diselenggarakan di tengah pandemi meski beberapa sekolah sudah mulai tatap muka. Pemerintah pun menyediakan beberapa layanan untuk memperlancar kegiatan ini.

Salah satunya melalui situs Akun Pembelajaran Belajar.id yang dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Akun Pembelajaran diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan.

"Akun Pembelajaran merupakan nama akun (User ID) yang bertanda belajar.id dan kata sandi (password) yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran," tulis Pusat Bantuan Akun Pembelajaran, dikutip Selasa (22/2/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Akun Pembelajaran

Dengan Akun Pembelajaran, seseorang bisa mengakses berbagai kebutuhan belajar mengajar mulai dari mengakses platform Kemdikbudristek hingga beragam aplikasi yang memudahkan kegiatan belajar mengajar baik secara daring atau pun tatap muka.

Beberapa manfaat dari Akun Pembelajaran seperti lebih mudah dan efektif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, seperti konferensi video, dokumen daring, pengarsipan kelas, dan lain-lain.

Pengguna juga dapat mengakses berbagai platform Kemendikbudristek hanya dengan satu akun, menyimpan data secara daring dengan lebih aman.

Selain itu, pengguna bisa mengakses dan menggunakan Chromebook, serta menerima informasi resmi dari Kemendikbudristek. Penggunaan Akun Pembelajaran sendiri tidak dipungut biaya atau gratis.

3 dari 4 halaman

Cara Mendapatkan Akun Pembelajaran

Untuk mendapatkan Akun Pembelajaran, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan secara mandiri:

1. Buka halaman https://belajar.id/

2. Masukkan data-data berikut:

  • Nama Lengkap
  • Nama Ibu Kandung
  • Tipe Pengguna
  • Tanggal Lahir
  • Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN)

3. Kirim detail akun ke email pribadi apabila belum pernah mendapatkan password.

4. Cek akun (User ID) dan kata sandi (password) pada email pribadi yang Anda daftarkan.

Selain itu, Akun Pembelajaran juga bisa didapatkan melalui Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di sekolah Anda.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Plus Minus Belajar dari Rumah Secara Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.