Sukses

Review Galaxy S21 FE: Bertabur Fitur Flagship Khas Samsung, Harga Lebih Terjangkau

Berikut adalah ulasan lengkap dari Tekno Liputan6.com mengenai Samsung Galaxy S21 FE yang telah diluncurkan bulan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Galaxy S21 FE menjadi flagship smartphone pertama Samsung yang diperkenalkan di awal 2022. Smartphone penerus Galaxy S20 FE ini diluncurkan di Indonesia bulan lalu.

Menurut Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, Galaxy S21 FE hadir dengan sejumlah komponen yang mendekati lini Galaxy S21.

Salah satu yang paling kelihatan adalah desain contour cut yang dipertahankan di smartphone. "S21 FE juga sudah menggunakan layar Dynamic AMOLED 2X, dari biasanya Super AMOLED," tutur Verry.

Smartphone ini juga sudah menggunakan chipset yang sama dengan lini Galaxy S21, yaitu Exynos 2100. Untuk pasar Indonesia, Samsung menawarkan opsi dua memori internal, yakni 128GB dan 256GB, yang sama-sama dipadukan dengan RAM 8GB.

Samsung membekali Galaxy S21 FE dengan baterai berkapasitas 4.500mAh yang sudah mendukung kemampuan fast charging 25W dengan kabel dan wireless charging 15W. Tekno Liputan6.com pun berkesempatan menggunakan smartphone ini dalam sebulan terakhir.

Dengan spesifikasi yang dimilikinya, lantas seperti apa pengalaman memakai smartphone yang dibanderol mulai Rp 8,9 juta ini? Simak ulasan kami berikut ini.

Desain

Secara desain, Galaxy S21 FE memang memiliki tampilan yang sangat mirip dengan lini Galaxy S21 lainnya. Namun salah satu pembeda yang paling kentara adalah ukuran layar.

Galaxy S21 FE hadir dengan layar berukuran 6,4 inci beresolusi FHD Plus. Sebagai perbandingan, Galaxy S21 memiliki layar 6,2 inci, sedangkan Galaxy S21+ memiliki layar 6,7 inci.

Dengan ukuran yang ditawarkan tersebut, kami merasa smartphone ini terbilang nyaman digenggam. Bahkan, penggunaan dengan satu tangan masih dimungkinkan dan tidak terlalu merepotkan.

Ilustrasi Samsung Galaxy S21 FE. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Smartphone ini memiliki bodi belakang yang terbuat dari plastik dengan finishing matte. Meski memiliki bahan plastik, hal ini tidak lantas membuatnya terlihat kurang premium.

Terlebih, kami mendapatkan unit berwarna lavender yang terbilang memiliki nuansa kalem sekaligus memberikan kesan elegan.

Penggunaan layar Dynamic AMOLED 2X di Galaxy S21 FE harus diakui meningkatkan pengalaman pemakaian, terutama mereka yang menggunakan Galaxy S20 FE. Sebab, layar smartphone ini mampu menampilkan warna yang lebih tajam dan tingkat kecerahan yang baik.

Berbekal bezel layar yang lebih tipis, kami juga merasa pengalaman penggunaan smartphone ini juga terasa lebih mulus dan penuh, seperti saat menonton konten video.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Layar dan Performa

Layar Galaxy S21 FE sudah mendukung refresh rate 120Hz, tapi belum memiliki kemampuan adaptif. Kemampuan ini sama seperti yang ada di Galaxy S20 FE.

Dengan kemampuan tersebut, pengalaman saat memakai smartphone ini harus diakui terbilang mulus dan menyenangkan. Terutama, saat menggulirkan layar ketika mengakses media sosial atau sekadar membuka aplikasi video.

Hanya mengingat smartphone ini tidak dibekali kemampuan adaptif, konsumsi baterai ketika refresh rate disetel 120Hz tentu lebih tinggi, jika dibandingkan ketika refresh rate disetel ke 60Hz.

Tampilan Samsung Galaxy S21 FE yang baru saja meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Namun ada hal lain yang menjadi catatan kami saat memakai Galaxy S21 FE, yakni kadang layar tersendat-sendat saat sedang digunakan dalam refresh rate 120Hz. Kondisi ini memang tidak sampai mengganggu pemakaian, tapi perbaikan tentu akan membuatnya lebih baik.

Sementara soal performa keseluruhan, smartphone ini sangat bisa diandalkan. Kami tidak menemukan masalah berarti saat menggunakannya untuk kebutuhan multitasking, khas smartphone premium.

Ilustrasi Samsung Galaxy S21 FE. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Saat digunakan untuk bermain game Call of Duty dan PUBG Mobile, kami menyetelnya ke pengaturan tertinggi. Hasilnya, smartphone ini dapat menjalankan kedua game tersebut dengan lancar, tanpa lag.

Meski pengalaman yang diberikan terbilang mumpuni, beberapa kali merasa suhu smartphone ini bisa menjadi hangat ketika dipakai dalam skenario pengggunaan biasa dalam waktu cukup lama. Padahal, kami hanya mengakses Instagram. 

Untuk software, Galaxy S21 FE menjalankan One UI 4 berbasis Android 12. Dalam hal ini, One UI harus diakui merupakan salah satu tampilan antarmuka yang mudah digunakan dan kaya fitur, sehingga dalam pengoperasiannya tidak ada kendala sama sekali.

3 dari 4 halaman

Kamera

Galaxy S21 FE memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 12MP, lensa ultra-wide 12MP, dan lensa telephoto 8MP yang memiliki kemampuan hingga 30x space zoom.

Berdasarkan foto yang dihasilkan, kemampuan kamera ini terbilang sangat memuaskan. Saat dipakai untuk penggunaan sehari-hari, baik kondisi cukup cahaya atau malam hari, smartphone ini bisa diandalkan.

Khusus untuk pengambilan foto di malam hari, Samsung juga menyertakan fitur Night Mode di smartphone ini. Untuk mengetahui seperti apa hasil foto kamera Galaxy S21 FE, berikut ini beberpaa di antaranya.

  • Foto Lensa Utama dan Wide

Hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy S21 FE. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy S21 FE. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

  • Foto Lensa Utama dan Zoom 3X

Hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy S21 FE. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy S21 FE. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

  • Foto Malam Hari: Atas (Night Mode Off), Bawah (Night Mode On)

Hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy S21 FE. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy S21 FE. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

  • Foto Objek

Hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy S21 FE. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy S21 FE. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy S21 FE. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

  • Foto Portrait

Hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy S21 FE. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Dengan harga yang ditawarkan, kami harus mengakui Galaxy S21 FE merupakan smartphone premium dengan harga paling terjangkau yang ditawarkan Samsung saat ini. Memang ada Galaxy S20 FE, tapi smartphone tersebut rilis pada 2020.

Terlebih, dengan kemampuan yang ditawarkannya, kami merasa smartphone ini menawarkan paket lengkap. Meski ada beberapa penyesuaian yang dilakukan Samsung jika dibandingkan lini Galaxy S21 lain, smartphone ini masih menawarkan fitur esensial dari sebuah smartphone premium.

Baik dari layar, performa, kamera, termasuk desain, smartphone ini mampu tampik apik. Karenanya, smartphone ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang mengingingkan pengalaman smartphone premium dengan harga lebih terjangkau.

Sebagai catatan, bodi yang terasa hangat saat digunakan dalam durasi cukup lama mungkin akan terasa mengganggu. Namun untuk hal tersebut, ada kemungkinan bisa diselesaikan dengan pembaruan software dari Samsung.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini