Ericson Perkenalkan Teknologi 5G yang Utamakan Efisiensi Energi

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 22 Feb 2022, 06:30 WIB
Diperbarui 22 Feb 2022, 06:30 WIB
Jaringan HP 4G dan 5G
Perbesar
Ilustrasi Foto Jaringan Telpon Seluler atau HP 4G dan 5G. (iSrockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan telekomunikasi dan jaringan, Ericsson, memperkuat potofolio Jaringan Akses Radio/ Radio Access Network (RAN) untuk solusi terkait peluncuran 5G dan tujuan keberlanjutan dari penyedia layanan komunikasi.

Penambahan portofolio RAN Ericsson memungkinkan penghematan energi cukup signifikan tetapi dengan peningkatan kapasitas hingga 10 kali lipat.

Produk pertama yang diperkenalkan adalah Radio 4490. Radio pita ganda ini dapat menghemat konsumsi daya hingga 25 dan bobot lebih ringan dibanding produk yang ada saat ini.

Ericsson mengklaim Radio 4490 kompatibel dengan hampir semua situs radio secara global karena mendukung pita FDD (Frequency Division Duplex) utama, yang banyak dipakai oleh operator untuk implementasi jaringan 5G.

Di samping itu, Ericsson juga meluncurkan versi radio pita ganda berdaya tinggi, 4490 HP. Versi ini memungkinkan keluaran daya 50 persen lebih besar dibanding radio yang ada saat ini. Kedua radio tersebut menerapkan pendinginan pasif sehingga mengurangi konsumsi daya karena tidak memerlukan kipas.

Kedua radio RAN baru Ericsson ini merupakan Cloud RAN-ready.

Head of Product Area Networks Ericsson, Per Narvinger, menyebut, Ericsson terus mengembangkan portofolio RAN dengan lebih banyak solusi untuk jaringan 5G yang lebih cerdas, ramping, dan berkelanjutan.

"Inovasi baru kami akan makin mengoptimalkan site 5G baik yang dibangun secara khusus maupun penerapan Cloud RAN," katanya.

Dengan makin cepatnya peluncuran 5G di seluruh dunia, operator siap beralih ke 5G Standalone untuk mendorong use case konsumen dan perusahaan.

Dengan memperkenalkan 5G, berarti menambahkan spektrum dan perangkat keras. Di sinilah, produk Ericsson bakal mendukung peningkatan kapasitas 5G sembari memangkas penggunaan daya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Portofolio Ericsson

Jaringan HP 4G dan 5G
Perbesar
Ilustrasi Foto Jaringan Telpon Seluler atau HP 4G dan 5G. (iSrockphoto)

Penambahan pada portofolio Ericsson mencakup:

- Massive MIMO AIR 6428 64T/R yang mudah dipasang untuk pita sedang, dengan lebar pita 400MHz untuk sharing yang efisien, di dalam radio seberat 25 kg, yang dapat dibawa oleh satu orang.

- Antena multiband 4602 yang terintegrasi penuh – dengan lebar 398mm, dirancang dengan ketahanan tinggi terhadap angin dan untuk persyaratan pembangunan site yang dipertahankan.

- Interleaved AIR 3218 generasi baru dengan tinggi dan berat yang rendah kualitas industri terkemuka, memungkinkan peluncuran Massive MIMO tanpa menambah jejak antena visual.

- Perangkat lunak mode Expanded Deep Sleep untuk radio baru dan portofolio Massive MIMO, mengonsumsi daya 70 persen lebih rendah per radio selama jam lalu lintas rendah.

- Coverage Boost adalah perangkat lunak agregasi operator 5G serbaguna yang memberikan jangkauan 60 persen lebih luas untuk pita sedang TTD (Time Division Duplex) jika dibandingkan dengan konektivitas ganda.

- Perangkat itu juga mendukung platform RAN Compute dan Cloud RAN.


Hemat Daya dan Maksimalkan Frekuensi

Jaringan HP 4G dan 5G
Perbesar
Ilustrasi Foto Jaringan Telpon Seluler atau HP 4G dan 5G. (iSrockphoto)

Produk-produk baru ini didukung oleh generasi baru Ericsson Silicon, yang memiliki kemampuan mengurangi jejak, multiband lebih hemat daya, dan kemampuan pita lebar untuk radio jarak jauh dan radio Massive MIMO.

Direktur dan Chief Technology Officer PT XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, XL Axiata selalu berupaya memberi pengalaman terbaik bagi pelanggan dalam memenuhi permintaan layanan data yang terus meningkat, melalui penerapan teknologi baru dan inisiatif jaringan lainnya.

"Kami mempelopori penggunaan teknologi radio pita ganda generasi pertama Ericsson sejak 2019. Dengan peluncuran radio 4T4R pita ganda baru, kami berharap inovasi ini membantu kami memaksimalkan pengalaman pengguna dengan efisiensi energi dan keunggulan operasional lebih baik," tutur Gede.

Sementara Head Ericsson Indonesia Jerry Soper menyebut, keberlanjutan adalah tujuan Ericsson. "Produk solusi hemat energi baru kami memungkinkan pelanggan menghemat energi saat mengelola pertumbuhan lalu lintas data yang tinggi dari jaringan 5G," katanya.

(Tin/Ysl)


Infografis 5G

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Perbesar
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya