Sukses

Perusahaan Elon Musk Bakal Bikin Terowongan 9,6 Km di Bawah Kota Miami

Boring Company, perusahaan milik Elon Musk, akan membuat terowongan sepanjang hampir 10 Km di bawah kota Miami, AS.

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk kini jadi salah satu nama paling nge-tren di dunia teknologi. Sukses dengan perusahaan seperti Tesla dan SpaceX, kini Elon Musk diberitakan karena perusahaannya, Boring Company. Boring Company kabarnya akan membuat terowongan di bawah Kota Miami, AS.

Menurut laporan terbaru dari media Electrek, Elon Musk dan Boring Company baru saja mengajukan proposal untuk proyek terowongan Loop system rumit sepanjang 6 mil atau hampir 10 Km di Miami.

Jika mendapat lampu hijau, terowongan ini akan menjadi salah satu proyek berskala besar bagi sistem transportasi Miami.

Mengutip Gizchina, Senin (21/2/2022), proyek Loop system ini akan mencakup terowongan di mana kendaraan listrik Tesla bisa melaju dengan kecepatan tinggi antara stasiun-stasiun untuk mengantarkan mereka yang mau bepergian di kota Miami.

Pengerjaan sistem transportasi ini terdiri dari terowongan sepanjang 1,5 mil (2,41 Km) dengan tiga pemberhentian di pusat konvensi bersar di Miami.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Terowongan Besar

Terowongan tersebut bukanlah terowongan besar, namun mungkin bisa berkembang menjadi lebih besar di tahun-tahun mendatang.

Apalagi, Las Vegas telah menyetujui perluasan Loop untuk menghubungkan seluruh jalur dan bandara. Boring Company sebelumnya sudah menyelesaikan proyek pembangunan bagian pertama dari ekspansi ini ke Kasino pertama.

Setelah selesai terowongan Loop di Las Vegas akan menjadi Loop pertama yang mencakup seluruh pusat kota. Boring Company pun ingin mencapai sesuatu yang lebih dengan proyek Loop di Miami.

Miami sebelumnya sudah pernah berbincang mengenai proyek ini dengan perusahaan Elon Musk tersebut.

3 dari 3 halaman

Lebih Murah dari Sistem Transportasi Lainnya

Proyek ini akan memakan biaya tinggi dan membutuhkan investasi besar. Menurut laporan, total investasi untuk pembuatan proyek terowongan ini berkisar antara USD 185 juta-USD 220 juta.

Meski terdengar cukup mahal, jumlah itu lebih murah dibandingkan pembangunan sistem transportasi serupa lainnya. Misalnya pembangunan kereta bawah tanah sebagai sistem transportasi paling sering dipakai saat ini.

Komisaris North Miami Beach Michal Joseph menyatakan, Loop Tunnel yang baru ini bisa meringankan lalu lintas kota. Apalagi di Miami, kemacetan lalu lintas menjadi masalah yang besar.

Menurut Boring Company, proyek ini butuh waktu tiga tahun untuk bisa selesai, namun kini masih butuh persetujuan regulator.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini