Sukses

Lazada Gandeng Smoot untuk Penyediaan Motor Listrik Bagi Kurir

Lazada Indonesia, melalui unit logistiknya Lazada Logistics, menjalin kemitraan dengan dengan PT Smoot Motor Indonesia (Smoot) untuk penyediaan motor listrik sebagai armada pengiriman paket praktis dan ramah lingkungan bernama #BlueVehicle bagi kurir Lazada.

Liputan6.com, Jakarta - Lazada Indonesia, melalui unit logistiknya Lazada Logistics, menjalin kemitraan dengan dengan PT Smoot Motor Indonesia (Smoot) untuk penyediaan motor listrik sebagai armada pengiriman paket praktis dan ramah lingkungan bernama #BlueVehicle bagi kurir Lazada.

Di dalam kemitraan ini, Smoot akan menyediakan Smoot Motor bagi frontliner Lazada Logistics di Jakarta. 

Kemitraan antara Lazada Logistics dan Smoot ini diharapkan bisa mendukung Program Langit Biru dari pemerintah Indonesia untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara serta mewujudkan perilaku sadar lingkungan masyarakat.

"Kolaborasi dengan Smoot akan menambah armada kendaraan listrik ke ekosistem logistik kami sebagai bagian dari upaya mendukung Program Langit Biru Pemerintah Indonesia," ujar Philippe Auberger, Chief Logistics Officer, Lazada Indonesia.

Philippe menyebut, membangun ekosistem eCommerce ramah lingkungan dan berkelanjutan adalah komitmen Lazada, sehingga upaya mengurangi jejak karbon dalam pengiriman paket kepada pelanggan menjadi salah satu bentuk konkret dari komitmen tersebut.

"Kerja sama dengan Smoot ini sekaligus menjadi wujud upaya kami dalam penawaran solusi logistik berkualitas bagi bisnis di Indonesia serta penyediaan kendaraan yang efisien dan ramah lingkungan bagi para frontliner (mitra kurir) di Lazada Logistics, yang merupakan garda depan pengiriman paket di Lazada," tutur Philippe.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kurangi Polusi

Founder dan CEO PT Smoot Motor Indonesia, Irwan Tjahaja menyambut baik kemitraan dengan Lazada.

"Kami berharap kendaraan listrik kami bisa membantu memberikan kontribusi terhadap pengurangan polusi udara di Indonesia," kata Irwan.

Irwan menjelaskan, dengan beralih ke SMOOT Motor yang ramah lingkungan dan terintegrasi dengan SWAP Battery System, mitra kurir Lazada Logistics dapat melakukan pengiriman dengan jangkauan lebih jauh tanpa perlu khawatir kehabisan baterai serta dapat menghemat biaya transportasi sehari-hari mereka.

 

 

3 dari 3 halaman

SWAP Battery System

Smoot Motor pada dasarnya dirancang untuk kemudahan pengguna dengan pemakaian teknologi SWAP Battery System yang terintegrasi dengan aplikasi Swap Energi. Pengguna Smoot Motor bisa memantau kondisi baterai melalui aplikasi dan kemudian melakukan penukaran baterai motor dengan mudah di ratusan lokasi penukaran baterai (SWAPPoin) di berbagai lokasi strategis di Jakarta, seperti di Alfamart, Alfamidi, dan Shell.

"Frontliner Lazada tidak tidak perlu lagi takut kehabisan baterai di jalan atau harus menunggu berjam-jam untuk pengisian baterai motor listrik. Cukup 9 detik waktu yang dibutuhkan untuk menukar baterai kosong dengan yang baru di SWAPPoin, frontliner Lazada siap melanjutkan perjalanan untuk mengantarkan paket ke pelanggan. Cepat, mudah, dan efisien," ujar Irwan.

Dalam Studi Lazada 2020 bertajuk "Percepatan Ekonomi Digital Indonesia Melalui Ecommerce", terungkap peran penting logistik dalam pertumbuhan bisnis lokal di kanal eCommerce. Oleh sebab itulah, Lazada dan Smoot berharap kemitraan mereka bisa menjadi pendorong perkembangan ekonomi digital di Indonesia dengan menyediakan layanan logistik yang praktis dan ramah lingkungan bagi bisnis lokal di ekosistem eCommerce.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini