Sukses

Opensignal: Kualitas Jaringan Seluler Smartfren Meningkat Pesat

Opensignal menyebut Smartfren sebagai Global Rising Star, yaitu satu dari 30 operator telekomunikasi teratas di dunia, dengan peningkatan pesat pada kualitas pengalaman jaringan seluler untuk lima kategori, mulai video hingga ketersediaan 4G.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan analitik seluler Opensignal merilis laporan terbaru mereka yang bertajuk Global Mobile Network Experience Awards 2022.

Laporan Global Mobile Network Experience Awards 2022 secara langsung membandingkan kualitas pengalaman jaringan seluler terbaik pada operator dari seluruh dunia.

Laporan ini mengukur kualitas pada enam kategori yaitu: Pengalaman Video, Pengalaman Game, Pengalaman Aplikasi Suara, Pengalaman Kecepatan Unduh, Pengalaman Kecepatan Unggah, dan Pengalaman Ketersediaan 4G.

Di sini, Opensignal memberikan Smartfren sebagai Global Rising Star, yaitu satu dari 30 operator telekomunikasi teratas di dunia, dengan peningkatan pesat pada kualitas pengalaman jaringan seluler untuk lima kategori.

Adapun, lima kategori jaringan seluler ini adalah Pengalaman Video, Pengalaman Game, Pengalaman Aplikasi Suara, Pengalaman Kecepatan Unduh dan Pengalaman Kecepatan Unggah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Smartfren, Telkomsel, dan Indosat

Opensignal menyebut, Smartfren menjadi operator peringkat kedua di kawasan Asia Pasifik dengan peningkatan tertinggi pada kualitas pengalaman video yaitu mencapai 18 persen dan Pengalaman Game sebesar 26,9 persen.

Smartfen juga dinilai sebagai operator peringkat tiga di kawasan Asia Pasifik dengan peningkatan tertinggi pada kualitas Aplikasi Suara (5.3 persen) dan kelima untuk Pengalaman Kecepatan Unggah (45.9 persen).

Sementara, Telkomsel mewakili Indonesia untuk Global Rising Star kategori Pengalaman Kecepatan Unggah, dengan kualitas unggahnya meningkat 35 persen.

Selain itu, menurut Opensignal, Indosat mewakili Indonesia untuk Global Rising Star kategori Pengalaman Video, dengan kualitas streaming video yang meningkat 8,7 persen. 

3 dari 4 halaman

Pemenang Global Mobile Network Experience Awards 2022

Dalam laporan itu, Opensignal mengungkapkan Pengalaman Video terbaik di dunia berada di Belanda, dengan T-Mobile Netherlands dan KPN menjadi Global Winners untuk kategori ini, dengan skor imbang secara statistik 79,4-79,6.

Untuk Pengalaman Game, LG U + dan SK telecom di Korea Selatan menjadi pemenangnya dengan skor identik 88,4 poin dari skala 100.

SK Telecom juga menjadi pememang global untuk kategori Pengalaman Kecepatan Unduh dengan rata-rata kecepatan download hingga 143 Mbps, di mana rata-rata global adalah 29,4 Mbps.

Pada Pengalaman Kecepatan Unggah, operator telekomunikasi 3 di Denmark memimpin kategori ini dengan rata-rata kecepatan upload 20,9 Mbps dari rata-rata global 8,8 Mbps.

Global Winners untuk Pengalaman Aplikasi Suara diraih oleh LG U+, SK Telecom, dan Vodafone Republik Ceko, di mana skornya mencapai 83,6 sampaai 84.

Terakhir, skor untuk Ketersediaan 4G yang hampir sempurna yaitu 99,8 persen, membuat LG U+ di Korea Selatan menjadi pemimpin dalam kategori ini.

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.