Sukses

Startup Kuncie dan Fita Resmi Gabung di Telkomsel Ekosistem Digital

Kuncie dan Fita sebelumnya merupakan bagian dari inovasi layanan digital unit bisnis di Telkomsel

Liputan6.com, Jakarta - Dua Startup yaitu Kuncie dan Fita, secara resmi telah bergabung dalam portofolio bisnis vertikal anak perusahaan Telkomsel yang bergerak di bidang teknologi digital, Telkomsel Ekosistem Digital.

Kedua perusahaan ini sebelumnya merupakan bagian dari inovasi layanan digital unit bisnis di Telkomsel. Kuncie dari PT Kuncie Pintar Nusantara bergerak di sektor edu-tech, sementara Fita oleh PT Fita Sehat Nusantara bergerak di bidang health-tech.

Pengalihan bisnis ini akan membuat Telkomsel Ekosistem Digital bisa mengakselerasi bisnis kedua corporate startup dan berbagai sektor bisnis vertikal digital lainnya di masa mendatang.

Dalam siaran persnya, dikutip Selasa (15/2/2022), Telkomsel menyebut, Kuncie dan Fita dapat mengelola bisnisnya dengan lebih independen sebagai entitas bisnis vertikal di bawah Telkomsel Ekosistem Digital.

"Kami meyakini implementasi dari roadmap Telkomsel ini akan semakin mengakselerasikan pengembangan inovasi layanan kedua corporate startup tersebut ke depannya," kata Hendri Mulya Syam, Direktur Utama Telkomsel melalui keterangan resminya.

"Terutama dalam membuka lebih banyak potensi yang diharapkan dapat berkontribusi bagi kemajuan ekonomi digital nasional," imbuh Hendri.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membuka Akses ke Aset Telkomsel

Andi Kristianto, CEO Telkomsel Ekosistem Digital menyebut, "inisiatif ini akan membuat Kunci dan Fita menjadi lebih independen, serta mampu mengembangkan bisnisnya sebagaimana startup yang tumbuh secara progresif."

Sementara, Mario Nicolas, CEO Kuncie mengatakan, inisiatif ini akan membuka akses perusahaannya ke aset-aset Telkomsel.

"Terutama untuk pengembangan teknologi, dalam menjangkau dan menyediakan pengalaman terbaik untuk learners dan mentors yang siap bergabung dengan platform kami," kata Nicolas.

Di sisi lain, Reynazran Royono, CEO Fita, mengatakan mereka semakin optimistis platformnya akan menjadi preventive health-tech unicorn pertama di Indonesia. "Dan tujuan mulia untuk membuat Indonesia lebih sehat bisa tercapai sesegera mungkin," pungkasnya. 

3 dari 4 halaman

Fokus di Sektor Digital

Telkomsel sendiri sebelumnya mengumumkan membentuk PT Telkomsel Ekosistem Digital yang bakal menaungi beberapa anak perusahaan dari emerging portfolio bisnis vertikal mereka di sektor digital.

PT Telkomsel Ekosistem Digital juga bertujuan untuk membuka peluang dan mempermudah inovasi pemanfaatan teknologi digital demi memperkuat ekosistem digital Indonesia.

Anak usaha ini akan berfokus pada tiga sektor industri digital yaitu edu-tech, health-tech, dan gaming.

Perusahaan mengatakan, ketiga lini bisnis ini memiliki potensi besar untuk mendorong perekonomian digital nasional dan akan jadi bagian dari emerging portofolio bisnis digital Telkomsel yang ke depannya memiliki potensi scale-up.

Telkomsel juga berencana akan melakukan pemekaran usaha melalui pemisahan keseluruhan bisnis aplikasi Kuncie dan Fita untuk dialihkan kepada PT Telkomsel Ekosistem Digital.

Pengalihan itu guna memperkuat penetrasi bisnis vertikal, masing-masing di sektor edu-tech dan health-tech.

Sedangkan untuk gaming, Telkomsel telah mengalihkan kontrak usaha patungan kepada PT Telkomsel Ekosistem Digital untuk mendirikan perusahaan Joint Venture yang memiliki fokus bisnis sebagai perusahaan penerbit (publisher) game.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.