Sukses

Catat Informasi Penting untuk Pendaftaran SNMPTN 2022 yang Buka Hari Ini

Berikut ini informasi penting yang perlu diketahui siswa sebelum melakukan pendaftaran SNMPTN 2022 yang dibuka mulai hari ini, 14 Februari 2022.

Liputan6.com, Jakarta - LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) telah mengumumkan akan membuka pendaftaran SNMPTN mulai hari ini, 14 Februari 2022. Pendaftaran dilakukan melalui laman portal.ltmpt.ac.id dan snmptn.ltmpt.ac.id.

Bagi siswa yang ingin mengikuti SNMPTN tahun ini, ada beberapa informasi penting yang perlu diketahui. Untuk itu, Tekno Liputan6.com akan membagikan sejumlah poin penting sebelum kamu melakukan pendaftaran.

Pertama, pendaftar merupakan siswa eligible yang masuk dalam kuota pendaftaran SNMPTN 2022. Selain itu, mereka juga sudah ada di dalam daftar Portal Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Sebelum melakukan pendaftaran, siswa perlu memiliki akun LTMPT dan sudah dipermanekan. Apabila belum, tenggat waktu pendaftaran akun LTMPT dibuka hingga besok, 15 Januari 2022.

Pendaftar SNMPTN bisa memilih hingga dua program studi saat melakukan pendaftaran. Namun perlu diingat, saat memilih dua program studi, salah satu program studi harus berada di PTN yang satu provinsi dengan SLTA-nya.

Sementara jika siswa hanya memilih satu program studi, mereka bebas memilih di PTN mana pun. Siswa yang diterima di SNMPTN sangat disarankan untuk melakukan daftar ulang.

Alasannya, mereka yang melakukan daftar ulang akan tidak diizinkan mengikuti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), sehingga tidak memiliki nilai UTBK. Padahal, banyak PTN mewajibkan nilai UTBK untuk pendaftaran jalur mandiri.

Pendaftaran SNMPTN dibuka hingga 28 Februari 2022 dan hasilnya akan diumumkan pada 29 Maret pukul 15.00 WIB. Jadwal daftar ulang bagi siswa yang diterima akan mengikuti ketentuan masing-masing PTN.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mendaftar SNMPTN 2022

Berikut ini adalah langkah-langkah mendaftar SNMPTN 2022 di laman LTMPT:

  1. Masuk laman snmptn.ltmpt.ac.id atau portal.ltmpt.ac.id.Log in dengan akun LTMPT yang sudah dipermanenkan.
  2. Isi pilihan program studi saat mendaftar SNMPTN. Peserta dapat memilih dua program studi (prodi) di dua PTN. Jika peserta mengambil dua prodi, salah satu prodi harus berada di PTN yang satu provinsi dengan SMA-nya. Namun, jika peserta hanya mengambil satu prodi, peserta bebas mengambil prodi di PTN mana pun. Jika sudah memilih prodi dan PTN, selanjutnya klik “Simpan semua pilihan”.
  3. Langkah selanjutnya peserta harus mengisi portofolio yang wajib dilakukan oleh peserta yang memilih prodi di bidang seni dan olahraga. Bagi prodi di dua bidang tersebut, portofolio adalah kriteria wajib yang besarannya mencapai 50 persen. Sementara hal ini tak diperlukan bagi peserta yang memilih prodi di luar seni dan olahraga.
  4. Selanjutnya bagi pendaftar SNMPTN 2022 yang memiliki prestasi, silakan mengisi halaman prestasi maksimal sebanyak tiga prestasi. Pengisian prestasi ini bersifat opsional dan bukan wajib. Bagi peserta yang tidak memiliki prestasi, dapat langsung melanjutkan ke tahap berikutnya.
  5. Selanjutnya peserta dapat melakukan finalisasi jika semua isian data diyakini sudah benar.
  6. Langkah selanjutnya peserta bisa mengunduh mencetak kartu registrasi
3 dari 3 halaman

Cara Daftar Akun LTMPT

Sementara bagi siswa yang belum memiliki akun LTMPT, berikut ini adalah cara untuk membuatnya sebelum batas registrasinya ditutup.

  1. Akses laman portal.ltmpt.ac.id.Klik "Daftar".
  2. Siswa mendaftarkan diri atau registrasi akun menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Poko Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir.
  3. Siswa melakukan aktivasi akun dengan e-mail pribadi.
  4. Siswa melakukan verifikasi dan validasi data.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini