Sukses

Bersiap, Pendaftaran SNMPTN 2022 Buka 14 Februari 2022

Bagi siswa yang ingin mengikuti SNMPTN 2022, pendaftaran sudah dibuka mulai hari ini, 14 Februari 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tingggi Negeri) mulai dibuka mulai hari ini, 14 Februari 2022 pukul 15.00 WIB. Siswa yang telah memiliki akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) bisa langsung melakukan pendaftaran.

Adapun pendaftaran SNMPTN dibuka hingga 28 Februari 2022. Sementara siswa yang belum memiliki akun LTMPT masih bisa melakukan registrasi hingga 15 Februari 2022.

Namun perlu diingat, selain melakukan registrasi, akun tersebut juga sudah disimpan permanen hingga batas akhir registrasi. Baru kemudian, siswa bisa melakukan pendaftaran SNMPTN 2022.

Sebagai informasi, hasil SNMPTN 2022 akan diumumkan pada 29 Maret pukul 15.00 WIB. Jadwal daftar ulang bagi siswa yang diterima akan mengikuti masing-masing PTN.

Bagi siswa yang belum memiliki akun LTMPT, berikut ini adalah cara untuk membuatnya sebelum batas registrasinya ditutup.

1. Akses laman portal.ltmpt.ac.id.

2. Klik "Daftar".

3. Siswa mendaftarkan diri atau registrasi akun menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Poko Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir.

4. Siswa melakukan aktivasi akun dengan e-mail pribadi.

5. Siswa melakukan verifikasi dan validasi data.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Unair Buka Lagi Jalur Golden Ticket, Cek Syarat dan Ketentuannya

Di sisi lain, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya kembali membuka jalur golden ticket pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

"Golden Ticket bisa didapatkan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi luar biasa di bidang akademik maupun non-akademik," kata Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Unair Achmad Solihin, dikutip dari Antara, Sabtu (11/2/2022).

Prestasi di bidang non-akademik itu, kata Solihin bermacam-macam. Misalnya prestasi inovasi, kewirausahaan, organisasi dan manajerial, kepemimpinan, olahraga, keagamaan, dan prestasi lain yang sesuai dengan pilihan program studi (prodi).

3 dari 3 halaman

Pendaftaran Jalur Golden Ticket

"Untuk bidang keagamaan, salah satunya adalah tahfidz dan penghafal kitab suci semua agama yang diakui di Indonesia. Unair ingin mencari bibit-bibit yang berprestasi melalui jalur itu," katanya.

Calon mahasiswa yang akan mendaftar pada jalur Golden Ticket dapat melakukan pendaftaran mulai 14 Februari 2022 di laman https://eduexpo.unair.ac.id/.

Pendaftaran jalur Golden Ticket bersamaan dengan pendaftaran SNMPTN karena syarat pertama peserta Golden Ticket adalah memilih Unair sebagai perguruan tinggi pilihan pertama pada seleksi SNMPTN.

Syarat selanjutnya adalah peserta menyertakan berkas pendukung prestasi ketika melakukan pendaftaran, dan mengikuti serangkaian kegiatan AEE yang dilaksanakan pada 18-20 Februari 2022.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unair itu menambahkan, prestasi yang dicapai calon mahasiswa harus sesuai dengan prodi pilihannya. Sebagai contoh, prestasi non-akademik di bidang sastra, tidak sesuai jika memilih prodi kedokteran.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini