Sukses

Intel Rilis Chip Blockchain untuk Kripto dan NFT

Intel meluncurkan chip baru untuk aplikasi blockchain seperti penambangan Bitcoin dan pencetakan NFT di tengah penggunaan kripto yang terus naik.

Liputan6.com, Jakarta - Intel baru saja meluncurkan chip baru untuk aplikasi blockchain seperti penambangan Bitcoin dan pencetakan NFT di tengah penggunaan cryptocurrency (kripto) yang terus naik.

Chip tersebut akan dikirimkan akhir tahun ini dan pelanggan pertamanya termasuk Block Inc, perusahaan yang dipimpin Jack Dorsey yang baru-baru ini mengubah namanya dari Square Inc untuk lebih fokus pada blockchain.

Mengutip Reuters, Minggu (13/2/2022), Intel mengatakan chip baru besutannya adalah 'akselerator' hemat energi yang dirancang untuk mempercepat tugas-tugas blockchain yang membutuhkan daya komputasi besar (menghabiskan banyak energi).

Intel bahkan telah membentuk segmen baru yang disebut Custom Compute Group dalam unit bisnis Accelerated Computing Systems and Graphics.

Di sisi lain, perancang chip Nvidia Corp, yang kartu grafisnya digunakan secara luas untuk aktivitas penambangan, juga memiliki chip terpisah yang dimaksudkan untuk penambangan Ethereum.

Blockchain berfungsi sebagai buku besar publik yang menyimpan catatan transaksi di jaringan komputer dan teknologi ini semakin menonjol beberapa tahun terakhir.

Tren blockchain juga memicu desas-desus seputar "Web.3" dan "NFT" yang menggembar-gemborkan teknologi desentralisasi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Intel Perkenalkan Deretan Prosesor Mobile Intel Core 12th Gen di CES 2022

Sebelumnya, Intel mengumumkan prosesor mobile terbarunya di gelaran CES 2022. Dengan menghadirkan performance hybrid architecture di prosesor mobile untuk pertama kalinya, Intel Core 12th Gen ini disebut menawarkan performa 40 persen lebih cepat dari prosesor mobile generasi sebelumnya.

Intel memperkenalkan 28 prosesor mobile Intel Core 12th Gen yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan kemampuan. Prosesor mobile Intel Core 12th Gen ini menjadi jajaran prosesor paling luas karena mendukung berbagai segmen, mulai dari consumer, enterprise, hingga Internet of Things.

"Dengan diperkenalkannya prosesor mobile 12th Gen Intel Core, kami membuka peluang untuk merasakan berbagai pengalaman baru dan meletakkan standar performa dengan prosesor laptop tercepat yang pernah ada," tutur Executive VP dan GM Client Computing Group Intel, Gregory Bryant.

Adapun prosesor andalan dari lini Intel Core 12th Gen ini adalah Intel Core i9-12900HK. Prosesor ini diklaim sebagai prosesor mobile tercepat yang pernah dibuat.

Prosesor ini mampu memprioritaskan workload secara cerdas dan melakukan management distribution melalui Intel Thread Director. Prosesor ini disebut mampu meningkatkan performa sistem di berbagai single-thread maupun multi-threaded.

Berbasis teknologi proses Intel 7, prosesor Gen H-Series ini menawarkan frekuensi hingga 5 GHz, 14 core (6 P-core dan 8 E-core) dan 20 threads. Performanya mengungguli proses Intel generasi sebelumnya.

 

3 dari 5 halaman

Performa Intel Core i9-12900HK

Prosesor ini memiliki dukungan memori luas untuk model DDR5/LPDDR5 dan DDR4/LPDDR4 hingga 4800 MT/s- pertama kali di industri untuk prosesor mobile H-Series.

Selain itu, Intel Core i9-12900HK ini memiliki dukungan Thunderbolt 4 yang menyajikan kecepatan transfer hingga 40Gbps dan konektivitas PC ke berbagai monitor 4K termasuk aksesoris.

Keluarga prosesor mobile Intel Core 12th Gen ini juga meliputi prosesor mobile U-Series dan P-Series yang baru.

Prosesor P-Series dirancang untuk menghadirkan performa mumpuni pada laptop kelas thin-and-light, sedangkan prosesor U-Series untuk thin-and-light yang form factor-nya ditingkatkan.

4 dari 5 halaman

Prosesor Desktop Intel Core Gen 12th

Intel juga turut memperkenalkan 22 prosesor baru yang bergabung dalam keluarga prosesor desktop Intel Core 12th Gen. Deretan ini mencakup Intel Core i9 sampai Pentium dan Celeron.

Prosesor ini menyajikan power dan performa tinggi yang mencakup banyak perangkat, mulai dari gaming, kreasi, produktivitas. Intel juga memperkenalkan Intel Laminar Coolers terbaru yang akan mendampingi prosesor 65-watt terbaru.

Peluncuran prosesor mobile Intel Core 12th Gen ini mengantarkan pada pembaruan platform Intel Evo untuk laptop perangkat on-the-go lainnya. Intel juga mengumumkan program Engineered for Intel Evo dan Intel Evo Pro.

5 dari 5 halaman

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini