Sukses

Segera Update, Apple Rilis iOS 15.3.1 Perbaiki Celah Keamanan Berbahaya di iPhone

Apple merilis update iOS 15.3.1 untuk memperbaiki celah keamanan berbahaya di iPhone. Celah keamanan ini kabarnya telah dieksploitasi oleh pihak ketiga.

Liputan6.com, Jakarta - Apple menggulirkan update iOS 15.3.1 dan iPadOS 15.3.1 bagi pengguna iPhone dan iPad. Update ini digulirkan dengan perbaikan celah keamanan berbahaya yang mungkin telah dieksploitasi oleh aktor jahat.

Update iOS 15.3.1 dan iPadOS 15.3.1 hanya memperbaiki satu masalah. Hal ini tidak biasanya dilakukan oleh Apple, pasalnya perusahaan sering kali menggabungkan beberapa perbaikan bug dan kerentanan dalam satu update iOS.

Hal ini memperlihatkan bahwa celah keamanan tersebut cukup parah dan berbahaya bagi Apple, karena perusahaan segera memperbaikinya. Para pengguna pun diminta untuk segera memperbarui software mereka.

Mengutip Cnet, Jumat (11/2/2022), laman dukungan untuk update iOS ini mengungkapkan, "Apple mengetahui ada laporan bahwa celah keamanan ini mungkin telah dieksploitasi secara aktif."

Hal ini merupakan penegasan yang langka dikonfirmasi Apple, bahwa celah yang ada di iPhone mungkin sudah dimanfaatkan oleh pihak ketiga.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Celah Sudah Dieksploitasi

Dengan kata lain, Apple menyebut di luar sana mungkin ada hacker atau pihak lain yang telah mengeksploitasi celah keamanan tersebut.

Kehadiran update iOS 15.3.1 untuk memperbaiki celah keamanan iPhone ini agak tak biasa, pasalnya baru minggu lalu Apple merilis update iOS 15.3.

Diketahui, update iOS 15.3.1 ini tersedia bagi para pemilik iPhone 6S dan iPhone yang lebih baru, seluruh model iPad Pro, iPad Air 2 dan yang lebih baru, iPad generasi 5 dan lebih baru, iPad Mini 4 dan lebih baru, serta iPod Touch generasi ke 7.

3 dari 4 halaman

Cara Update iOS di iPhone

Bagi kamu pengguna iPhone atau iPad di atas, kamu bisa langsung meng-update OS perangkat kamu dengan cara:

1. Masuk ke Setting (Pengaturan) perangkat

2. Ketuk menu General (Umum)

3. Pilih Software Update

4. Pilih Download dan Install

5. Masukkan passcode iPhone saat diminta

6. Proses update akan berjalan.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang iPhone

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.