Sukses

EA Batal RIlis Game Pack My Wedding Stories The Sims 4 di Rusia, Kenapa?

EA tak merilis game pack dari The Sims 4 bertajuk My Wedding Stories di Rusia, karena terganjal UU anti propaganda gay.

Liputan6.com, Jakarta - Game The Sims terkenal dengan berbagai downloadable content (DLC) serta expansion pack-nya yang bejibun dan rajin dirilis setelah peluncuran base game-nya, termasuk di The Sims 4.

Hingga saat ini, EA masih rutin mengeluarkan DLC dan expansion pack untuk The Sims 4, termasuk yang paling baru adalah Game Pack yang bertajuk "My Wedding Stories."

Namun rupanya, Game Pack yang akan dirilis pada tanggal 17 Februari ini tidak akan bisa dinikmati secara resmi oleh para pemain di Rusia. Hal ini karena adanya undang-undang anti-gay di negara itu.

Pernyataan tentang alasan tidak dirilisnya Game Pack di Rusia tersebut diungkapkan EA melalui keterangan di laman resminya, seperti dikutip Sabtu (12/2/2022).

"Ketika kami bergerak melalui proses pengembangan dan penceritaan jenama, kami sadar bahwa cara kami ingin menceritakan kisah Cam dan Dom bukanlah sesuatu yang bisa kami bagikan secara bebas ke seluruh dunia," tulis EA.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menolak Ubah Cerita

Mengutip The Verge, iklanMy Wedding Stories memang berpusat pada pasangan lesbian bernama Camille and Dominique, yang merencanakan hari pernikahan mereka.

EA menyebut, ketika mengembangkan Game Pack tersebut, mereka memiliki visi untuk komunitas globalnya yaitu soal kegembiraan menemukan dan merayakan cinta, serta menceritakan kisah yang memiliki makna di tingkat personal.

"Membayangkan kisah yang akan diceritakan pemain kami dengan paket kami adalah inti dari semua yang kami buat," kata perusahaan.

Menurut EA, kisah cinta antara Dom dan Cam "mencerminkan pengalaman hidup dari begitu banyak anggota komunitas dan tim" mereka.

Terkait perilisan di Rusia, tim pengembang pun kukuh untuk tidak mengubah cerita mereka karena undang-undang federal Rusia, agar tidak "mengorbankan nilai-nilai" yang mereka jalani.

"Kami berkomitmen pada kebebasan untuk menjadi diri Anda sendiri, untuk mencintai siapa yang Anda cintai dan menceritakan kisah yang ingin Anda ceritakan," kata EA. "Sayangnya, ini berarti anggota komunitas The Sims di Rusia tidak akan dapat membeli paket game ini."

3 dari 4 halaman

UU Anti Propaganda Gay di Rusia

Rusia sendiri pada 2013 mengesahkan undang-undang yang melarang "propaganda hubungan seksual non-tradisional di antara anak di bawah umur."

Regulasi ini juga secara efektif mengenakan hukuman untuk pidato pro-LGBTQ, serta pelarangan akses ke situs LGBTQ.

Meski begitu, base game dari The Sims 4 serta beberapa expansion pack-nya yang mengandung konten terkait hubungan sesama jenis, masih bisa dijual di Rusia dengan rating 18+ atau khusus untuk usia 18 tahun ke atas.

Tara Moore, Global Integrated Communication Director EA mengatakan, belum ada informasi lebih lanjut untuk dibagikan, terkait apakah mereka akan mengubah materi pemasaran atau konten gim-nya agar tidak melanggar hukum.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.