Sukses

Lenovo dan Ducati Lanjutkan Kerja Sama Teknologi untuk MotoGP 2022

Lenovo dan Ducati melanjutkan kerja sama mereka dalam menyambut MotoGP musim ini

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan teknologi Lenovo kembali melanjutkan kerja sama mereka dalam gelaran MotoGP 2022. Sebelumnya di 2021, Tim Lenovo Ducati sukses merebut gelar Moto GP Constructors' World Title dua kali berturut-turut.

Sejak 2018, kerjasama antara teknologi Lenovo dan Ducati telah membantu tim berinovasi dan meningkatkan performanya. Luca Rossi, President of Intelligent Devices Group, Lenovo mengatakan 2021 adalah tahun yang penting bagi tim Ducati Lenovo.

"Kami telah memperkuat kerja sama teknologi - membukakan jalan bagi inovasi yang bold di dunia kerja hybrid yang baru," kata Rossi dalam keterangan tertulisnya, dikutip Sabtu (12/2/2022).

Rossi mengatakan, Ducati berbagi core values dengan Lenovo mengenai kecepatan, dedikasi, semangat tim, dan fokus pada hasil.

Diaktifkan berbagai solusi cerdas, analitik data Lenovo, kecerdasan buatan, dan Smart Collaboration, terus mendorong peningkatan dan membantu tim untuk mengaktifkan berbagai simulasi dan analisis data secara real-time.

Semua itu terus mentransfer teknologi pada motor Ducati baik balap dan non balap. Adapun, tujuan pertama di MotoGP musim 2022 adalah menyelesaikan Remote Garage.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kerja Sama dengan Lenovo

Proyek Remote Garage memperkenankan para teknisi walaupun sedang bekerja secara remote untuk menerima data secara real time serta mempunyai akses terhadap berbagai ketersediaan sumber daya di garasi maupun terhadap kendaraan.

Ducati dan Lenovo pun telah berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas video conferencing di dalam kantor pusat dan juga dalam garasi Ducati. Hal ini bertujuan untuk menghubungkan tim virtual dengan lebih baik.

Claudio Domenicali, Ducati CEO, mengatakan, untuk menjadi kompetitif dan meraih hasil yang terbaik, di dalam atau di luar arena balap, sangat penting memiliki gagasan yang jelas tentang peran penting dari inovasi digital, serta mengandalkan dukungan dari mitra terbaik.

Domenicali pun mengatakan, kerja sama dengan Lenovo, mereka telah mencapai berbagai tujuan penting seperti mengakselerasi kumpulan data dan analisis, sehingga mempercepat proses pengambilan keputusan.

"Hal ini kemudian adalah bagaimana kami dapat membawa motor yang memenangkan gelar MotoGP Constructor's World Title season lalu selama dua tahun berturut-turut, ke seluruh dunia," kata Domenicali.

Ducati telah menggunakan teknologi High Performance Computing berdasarkan server Lenovo ThinkSystem SD530, SR630 and SR650, untuk membantu penyederhanaan dan mempercepat analisis data mengenai aerodinamis, fluid dynamics, dan stress tests.

Ducati juga telah mengadopsi ThinkSystem SE350 edge server untuk meningkatkan konektivitas dan analitik real-time tingkat lanjut, bahkan di lingkungan yang paling menantang.

3 dari 4 halaman

Penggunaan Teknologi Lenovo di Tim Ducati

Selain itu, Ducati telah menerapkan infrastruktur virtual desktop terbaru, dibangun dalam kemitraan dengan Lenovo. Lebih dari 250 desktop virtual 2D dan 3D digunakan di seluruh organisasi mulai dari departemen R&D hingga garasi.

Ducati juga merasakan kelebihan dalam peningkatan produktivitas dikarenakan para pengguna dapat terkoneksi dengan workstation nya dari manapun, kapanpun, dan dari perangkat apapun.

Desktop virtual juga dapat menyederhanakan manajemen IT dan pemeliharaan, untuk meningkatkan proteksi data dan keberlangsungan bisnis. Seluruh tim Ducati, mulai dari Manajer, teknisi, dan rider, mengandalkan tablet, PC dan workstation Lenovo.

Teknisi menggunakan Lenovo ThinkPad P1 sebagai mobile workstation, untuk menganalisa data yang berasal dari sensor sepeda dalam hitungan menit dan untuk mempelajari statistik putaran, membandingkannya, dan mengoptimalkan pengaturan sepeda.  

Top management, di lain sisi, mengandalkan inovasi dari ThinkPad X1 Foldable PC untuk menikmati produktivitas dan mobilitas maksimum.

Sedangkan para desainer dapat mengandalkan kekuatan dari Lenovo workstations termasuk ThinkPad P Series, untuk desain dan pengembangan menggunakan CAD software.

(Dio/Tin)

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.