Sukses

Hands-on Samsung Galaxy S22 Ultra 5G, Mengingatkan pada Galaxy Note

Berikut ini ada impresi pertama dari Tekno Liputan6.com mengenai Samsung Galaxy S22 Ultra 5G.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy S22 Ultra baru saja resmi diperkenalkan. Bersama dengan Galaxy S22 Ultra, Samsung juga meluncurkan Galaxy S22 dan Galaxy S22+.

Tekno Liputan6.com pun berkesempatan melihat secara langsung smartphone terbaru ini. Untuk tahun ini, Samsung membuat sedikit perubahan pada desain Galaxy S22 Ultra.

Tampak depan Samsung Galaxy S22 Ultra. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Smartphone anyar tersebut kini tidak lagi tampil serupa dengan saudaranya, yakni Galaxy S22 dan Galaxy S22+.

Samsung Galaxy S22 Ultra yang baru meluncur. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Ketika melihatnya secara langsung, impresi yang diberikan Galaxy S22 Ultra adalah perangkat ini terlihat memiliki bahasa desain yang lebih menyerupai lini Galaxy Note.

Ilustrasi menulis dengan S Pen di Samsung Galaxy S22 Ultra. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hal itu dapat dilihat dari desain layar Dynamic AMOLED 2x yang dibuat melengkung ditambah dengan ukurannya yang terbilang besar, yakni 6,8 inci.

Selain itu, Samsung juga membenamkan Galaxy S22 Ultra dengan S Pen bawaan. Ini menjadi kali pertama lini Galaxy S dibekali dengan stylus andalan Samsung tersebut.

Tampilan Samsung Galaxy S22, Galaxy S22+, dan Galaxy S22 Ultra. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Pada Galaxy S21 Ultra, Samsung juga sudah menyertakan dukungan untuk S Pen, tapi stylus tersebut masih diletakkan terpisah.

S Pen yang kini menjadi bawaan di Samsung Galaxy S22 Ultra. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Sementara di Samsung Galaxy S22 versi Ultra, S Pen bisa langsung diakses di bawah bodi, memberikan pengalaman layaknya Galaxy Note.

Kamera belakang Samsung Galaxy S22 Ultra. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Desain kamera smartphone ini pun tidak lagi disusun vertikal dengan desain contour cut. Kini, empat kamera belakangnya disusun tanpa bingkai. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Galaxy S22 Ultra 5G, Smartphone Terbaru Samsung dengan Dukungan S Pen

Berikut adalah spesifikasi Galaxy S22 Ultra yang dirilis dengan harga mulai dari Rp 17.999.000 di Indonesia.

Perangkat Galaxy S22 Ultra dirilis dengan layar lengkung seluas 6,8 inci. Samsung menggunakan jenis layar terbaiknya, QHD+ Dynamic AMOLED 2x Display yang didukung dengan refresh rate 120Hz.

Layar luas ini memiliki tingkat kecerahan hingga 1.750 nits dan dukungan teknologi Vision Booster yang memampu membuat layarnya menyesuaikan tingkat kecerahan dengan cerdas sepanjang hari, termasuk di bawah matahari.

Galaxy S22 Ultra 5G cukup berat karena memiliki bobot 229 gram. Dimensi yang diboyongnya adalah 77,9 x 163,3 x 8,9mm. Galaxy S22 Ultra memiliki empat kamera utama di bodi belakangnya.

Ada pun kamera yang dimaksud adalah lensa ultra-wide 12MP (f2.2), lensa utama wide 108MP (f1.8), kamera telephoto 10MP dengan 3x optical zoom, dan lensa telephoto 10MP dengan 10x optical zoom.

Sementara kemampuan selfie perekaman video selfie diserahkan ke lensa 40MP (f2.2). Samsung mengklaim, dengan kamera di atas, Galaxy S22 Ultra bisa menangkap momen terbaik di berbagai kondisi cahaya.

Apalagi kamera perangkat ini didukung fitur Nightography sehingga memungkinkan perekaman video yang jernih dan tajam, melalui kamera belakang atau depan.

Tidak cukup di situ, Galaxy S22 Ultra didukung sensor 2,4um piksel, sensor piksel terbesar yang ada di smartphone Samsung. Hal ini memungkinkan lensa menangkap lebih banyak cahaya.

Selain itu Galaxy S22 Ultra juga didukung lensa Super Clear Glass yang membantu pengguna merekam video malam hari dengan lebih smooth tanpa noise.

Fitur auto framing-nya juga diklaim mampu memastikan kamera bisa menangkap siapa pun, baik itu satu atau 10 orang.

3 dari 4 halaman

Memori dan Performa

Beralih ke memori, Galaxy S22 Ultra di Indonesia hadir dalam opsi RAM 8GB dan 12GB serta memori internal 128GB, 256GB, hingga 512GB.

Galaxy S22 Ultra didukung baterai berkapasitas 5.000mAh dengan pengisian daya cepat 45W dan 15W pengisian daya nirkabel.

Samsung menyebut, dengan mengisi baterai selama 10 menit, pengguna bisa merekam video hingga 54 menit atau streaming 4 episode seri favorit.

Perangkat ini sudah didukung sistem operasi Android 12 dan One UI 4.1. Samsung menjanjikan Galaxy S22 Ultra bisa diperbarui versi Android-nya hingga 4 generasi ke depan.

Tidak hanya unggul di kamera, Galaxy S22 Ultra juga didukung chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang memiliki proses fabrikasi 4nm. Prosesor ini juga mengakomodasi pemrosesan AI dan Machine Learning terdepan Samsung.

Prosesor ini juga didukung WiFi 6E yang lebih kencang 2 kali lipat konektivitasnya. Sehingga akan memberikan pengalaman terbaik saat pengguna streaming, main gim online, atau bekerja sekali pun.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.