Sukses

Gandeng BEI, Program Literasi Keuangan GoPay Sudah Jangkau 16 Juta Orang

Program literasi keuangan GoPay FinanSiap mencatat telah menjangkau lebih dari 16 juta audiens melalui seluruh kanal publikasinya dan BEI

Liputan6.com, Jakarta GoPay menggandeng Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk melakukan edukasi keuangan dan investasi lewat FinanSiap. Program ini sudah berlangsung sejak Oktober 2021 hingga Februari 2022.

Dalam siaran persnya, dikutip Kamis (10/2/2022), FinanSiap mencatat telah menjangkau lebih dari 16 juta audiens melalui seluruh kanal publikasi FinanSiap dan BEI.

Kanal-kanal tersebut termasuk situs resmi, Tokopedia Play, GoPlay, kanal media sosial, iklan digital, serta berbagai sarana lainnya.

"Pada akhir 2021, BEI mencatat ada hampir 7,5 juta investor pasar modal, sebuah peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya," kata Hasan Fawzi, Direktur Pengembangan BEI.

Sementara itu, Fibriyani Elastria, Chief Marketing Officer GoPay mengatakan, platform GoPay, sebagai bagian dari ekosistem GoTo, berkomitmen untuk memperluas fungsinya.

"Tidak hanya sebagai alat pembayaran tetapi juga sebagai sarana yang membantu pengguna mengatur keuangan untuk mencapai tujuan finansialnya," kata Fibriyani.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menjawab Kebutuhan Literasi Keuangan

FinanSiap merupakan program literasi keuangan dari GoPay yang pertama kali diperkenalkan ke masyarakat pada Juli 2021.

Program ini dirancang untuk menjawab kebutuhan literasi keuangan di tengah masyarakat yang semakin melek teknologi serta investasi melalui edukasi keuangan gratis, khususnya bagi kelompok usia muda.

Di tengah merebaknya partisipasi investor ritel di pasar modal, program ini dilakukan dalam rangka mendukung BEI mengedukasi serta membangun pemahaman masyarakat, khususnya calon investor untuk menjadi investor yang cerdas.

Menurut Fibriyani, sejak dimulai beberapa bulan lalu, mereka telah melihat antusiasme masyarakat dalam mengakses materi edukasi keuangannya.

"Edukasi ini tidak terbatas bagi masyarakat pada umumnya, namun juga kami tujukan bagi mitra usaha yang sudah tergabung dalam GoTo Financial & Tokopedia Seller," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Topik Paling Menarik

Lewat survei partisipan yang telah dilakukan, beberapa topik yang menarik bagi para responden seperti pengelolaan keuangan pribadi, pemilihan investasi bagi pemula, analisis keuangan, hingga berinvestasi melalui pasar modal.

FinanSiap mengatakan akan terus hadir dengan berbagai konten edukasi baru yang menjawab kebutuhan masyarakat terkait perencanaan dan pengelolaan keuangan.

FinanSiap juga telah meluncurkan buku pintar keuangan untuk membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam mengatur keuangan. Per Januari 2022, materi ini telah diunduh oleh lebih dari 26 ribu pemilik usaha.

"Ke depannya, kami berharap dapat terus mendukung masyarakat mencapai tujuan finansialnya melalui pemanfaatan GoPay, termasuk lewat edukasi keuangan yang disajikan melalui FinanSiap," kata Fibriyani.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.