Sukses

Jaringan 4G XL Kini Jangkau Sebagian Besar Kecamatan di Sulawesi Tenggara

XL Axiata mengklaim, 48 persen kecamatan di Sultra (107 kecamatan) dan 1.200 desa telah dialiri internet 4G.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata gencar membangun jaringan 4G ke wilayah pelosok yang sebelumnya belum dijangkau, di Sulawesi Tenggara (Sultra). Dalam setahun terakhir, perusahaan telko ini membangun jaringan berupa 16 BTS berteknologi 4G.

XL Axiata mengklaim, 48 persen kecamatan di Sultra (107 kecamatan) dan 1.200 desa telah dialiri internet 4G. Group Head XL East Region Dodik Ariyanto mengatakan, trafik data di Sultra meningkat 59 persen setahun terakhir.

"Kami terus membangun jaringan 4G, baik untuk meningkatkan kualitas layanan atau perluasan ke area baru yang memiliki potensi besar," kata Dodik dalam keterangan XL Axiata.

Seiring pembangunan layanan 4G, XL Axiata juga melakukan fiberisasi jaringan guna meningkatkan kapasitas agar pelanggan makin nyaman internetan dengan XL.

Dodik mengatakan, kehadiran internet 4G akan mendorong produktivitas dan membantu masyarakat beradaptasi ke arag ekonomi digital.

XL Axiata terus melakukan penambahan kapasitas jaringan 4G baik dari sisi radio maupun transmisi, serta melalui fiberisasi. Hingga saat ini jaringan fiber optik sudah mencapai lebih dari 943 Km, dan mencakup sekitar 64 persen BTS.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tingkatkan Kapasitas BTS untuk Penuhi Tingginya Trafik

Sejak awal tahun 2021 hingga saat ini sekitar 295 BTS telah ditingkatkan kapasitasnya. Selama setahun terakhir dalam kondisi pandemi, trafik data XL Axiata di Sultra tetap mengalami peningkatan sekitar 12 persen. Kenaikan trafik tertinggi ada di Kendari, Kabupaten Konawe, dan Kabupaten Muna.

Di Sultra XL Axiata memiliki BTS 4G terbanyak di Kota Kendari, yaitu 98 BTS 4G. Selanjutnya wilayah Kabupaten Konawe, lebih dari 40 BTS 4G, dan Kabupaten Muna lebih dari 30 BTS 4G.

Untuk area Kabupaten Konawe Selatan ada 27 BTS 4G, Kabupaten Bombana 23 BTS 4G, dan Kabupaten Kolaka dengan 21 BTS 4G.

XL Axiata juga memastikan kualitas jaringan data yang baik di beberapa area wisata dan bandara serta pelabuhan.

Perusahaan pun menyiapkan jaringan 4G di Pantai Nirwana di kota Bau Bau, Pantai Kendari, dan Pantai Nambo di Kota Kendari.

Sementara itu, untuk Bandara Internasional Haluleo, XL Axiata telah siap dengan 2 BTS 4G dan Pelabuhan Nusantara Kendari 4 BTS 4G.

3 dari 4 halaman

Ada 900 BTS XL di Sultra

Saat ini jaringan XL Axiata untuk area Sultra ditopang lebih dari 900 BTS, termasuk lebih dari 430 BTS 4G. Jaringan 4G XL juga terus diperluas, dan perusahaan terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya.

Dengan demikian, XL Axiata bisa meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

Sementara itu, dalam upaya mendukung program pemerintah dalam penyediaan layanan dan jaringan 4G di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal), khusus di wilayah Sultra, sejak tahun 2008 XL Axiata telah mengoperasikan jaringan melalui skema Universal Service Obligation (USO) yang dikoordinasi oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI).

Hingga saat ini, terdapat 21 BTS USO 4G di Sultra yang tersebar di tiga Kabupaten, yakni di Kabupaten Konawe, Konawe Kepulauan, dan Konawe Selatan. BTS USO yang terbanyak berada di Kabupaten Konawe dengan 12 BTS USO 4G.

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang 5G

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini