Sukses

Usai Bercerai, Melinda French Gates Tak Lagi Sumbang Harta Besar ke Yayasan Bill Gates

Setelah bercerai, Melinda French Gates menyebut tidak akan lagi menyumbang dalam jumlah besar untuk yayasan amalnya bersama Bill Gates. Ia bertekad akan lebih berfokus pada upaya untuk memerangi kemiskinan di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Melinda French Gates, mantan istri Bill Gates yang sekaligus salah satu pendiri Bill and Melinda Gates Foundation, tak akan lagi menyumbang sebagian besar hartanya ke yayasan tersebut.

Menurut laporan Wall Street Journal, Melinda French Gates masih berencana memberikan sebagian besar hartanya untuk beramal, namun kini akan mengarahkan hartanya di luar The Gates Foundation.

"Saya menyadari adanya absurditas ketika begitu banyak kekayaan terkonsentrasi di tangan satu orang, dan saya percaya, satu-satunya hal bertanggung jawab yang harus dilakukan untuk orang dengan kekayaan besar adalah memberikannya dengan pertimbangan akan dampak yang sebesar mungkin," kata Melinda French Gates dalam surat terbarunya.

Penulis buku 'The Moment of Lift' ini menyebut, tujuan akhir dari tiap kegiatan filantropi adalah membuat kebutuhan untuk filantropi menjadi usang.

"Penting untuk diakui, memberikan banyak uang yang tidak dibutuhkan keluarga Anda bukanlah tindakan yang sangat sangat mulia. Tidak ada dalam pikiran saya, standar untuk kemurahan hati ditetapkan oleh orang-orang yang memberi, bahkan ketika itu berarti tidak memberi," tutur Melinda French Gates, dikutip dari The Guardian, Jumat (4/2/2022).

Untuk itulah, menurut Melinda French Gates, dirinya berkomitmen untuk melakukan hal-hal yang lebih baik ketimbang hanya menulis cek untuk donasi ke Bill and Melinda Gates Foundation. 

"Saya akan mencurahkan waktu, energi, dan upaya saya untuk pekerjaan memerangi kemiskinan dan memajukan kesetaraan untuk perempuan dan anak perempuan serta kelompok terpinggirkan lainnya di Amerika Serikat dan seluruh dunia," kata Melinda Gates.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komitmen Pada Filantropi

Sekadar informasi, pada 2010, Melinda French Gates dan Bill Gates yang saat itu masih jadi suaminya meluncurkan The Giving Pledge bersama miliarder Warren Buffet.

Kampanye ini berupaya mendorong orang-orang terkaya di dunia untuk mendedikasikan sebagian besar kekayaan mereka untuk beramal.

Pada saat itu, melalui sebuah surat bersama, Melinda French dan Bill Gates menyebut, sudah mendonasikan sebagian besar asetnya ke Gates Foundation. Dana itu ditujukan untuk menurunkan tingkat kematian akibat penyakit dan berbagai hambatan kesehatan lain yang sulit diakses masyarakat.

Namun, sejak keduanya resmi bercerai di tahun 2021, Melinda French Gates dan Bill Gates masing-masing menulis surat individu yang merinci berbagai komitmen filantropinya.

3 dari 4 halaman

Bentuk Pusat Inkubasi untuk Dukung Perempuan AS

Pada 2015, Melinda French Gates mendirikan Pivotal Ventures, sebuah perusahaan investasi dan inkubasi yang berupaya memajukan kehidupan sosial dan profesional bagi para perempuan dan keluarga di seluruh AS.

Dalam suratnya, ibu tiga orang anak ini menegaskan komitmennya untuk memberikan sebagian besar kekayaannya.

"Saya pikir filantropi paling efektif ketika kita memprioritaskan fleksibilitas daripada ideologi. Dalam pekerjaan saya di yayasan dan Pivotal Ventures, saya akan terus mencari mitra, ide, dan perspektif baru," tulis Melinda.

Dalam surat terpisah yang diterbitkan Bill Gates, ia menekankan komitmen filantropisnya kepada Gates Foundation.

"Yayasan adalah prioritas filantropi utama saya, bahkan ketika pemberian saya di bidang lain telah berkembang selama bertahun-tahun," kata Bill Gates dalam suratnya.

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Bill Gates

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini