Sukses

Dell Perkenalkan Concept Nyx untuk Pengalaman Bermain Game Lebih Baik

Concept Nyx merupakan proyek yang dikembangkan tim Experience Innovation Group (EIG) sebagai tim yang membidangi berbagai proyek-proyek R&D di Dell.

Liputan6.com, Jakarta - Dell baru saja memperkenalkan sebuah konsep alternatif pengalaman bermain game terbaik bagi para gamer lewat Concept Nyx.

Untuk diketahui, Concept Nyx merupakan proyek yang dikembangkan tim Experience Innovation Group (EIG) sebagai tim yang membidangi berbagai proyek-proyek R&D di Dell.

Lewat proyek ini, Dell berusaha mengembangkan solusi untuk masalah umum kerap membuat frustasi para gamer, yakni memperebutkan jaringan Wi-Fi saat sedang bermain game.

Masalah lain juga kerap ditemui gamer adalah memindahkan tampilan dari layar monitor ke layar TV.

"Dell tidak pernah berhenti berinovasi dan kami selalu mencoba berpikir jauh ke depan untuk memecahkan salah satu tantangan terbesar gamer," tutur CTO Client Solutions Group Dell Technologies, Glen Robson dalam keterangan resmi, Rabu (2/2/2022).

"Contohnya, konsep ini memungkinkan beberapa gamer di satu rumah bisa mengakses koleksi gim mereka dan memainkannya di perangkat apa pun di waktu bersamaan."

Concept Nyx sendiri mengedepankan peran edge computing di dunia gaming, yakni saat game berkinerja tinggi bisa dimainkan di rumah dan secara bersama-sama dalam sebuah jaringan lokal.

Lewat proyek ini, proses tersebut dilakukan secara lokal, sehingga potensi latency yang lebih rendah, bandwidth yang digunakan lebih besar, dan lebih responsif. Ketiga hal tersebut dapat memecahkan beberapa kekurangan dari beragam alternatif yang ada saat ini, seperti cloud gaming.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemampuan Concept Nyx

Oleh sebab itu, Concept Nyx memungkinkan potensi latency multipemain bisa terjadi hanya dalam satu digit milidetik. Jadi, pemain bisa mengurangi berbagai lag yang dialami dan sistem cloud gaming yang ada saat ini secara cukup signifikan.

Selain itu, Dell juga mencari cara untuk menjalankan empat game secara bersamaan yang secara cerdas juga dialihkan dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Dell juga mengembangkan cara untuk mengakses semua koleksi game dari satu perpustakaan, tidak terpengaruh tempat membelinya.

Tidak hanya itu, Concept Nyx menargetkan pengalaman bermain game semudah mengakses berbagai koleksi lagu, acara TV, dan film favorit. Dengan Concept Nyx ini, Alienware menawarkan sebuah ide visioner untuk membawa perubahan bagi industri gaming yang menarik bagi seluruh gamer.

"Pengembangan Concept Nyx akan terus berlanjut dan setiap langkah dari proses yang berjalan ini bertujuan untuk menghadirkan manfaat/nilai tambah yang lebih baik lagi di produk-produk masa depan sekaligus terus meningkatkan pengalaman pengguna," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Dell Rancang Laptop Ramah Lingkungan yang Mudah Diperbaiki

Di sisi lain, Dell melalui proyek Concept Luna berkolaborasi dengan Intel untuk merancang laptop konsep yang mereka yakini tidak hanya lebih mudah untuk diperbaiki, tetapi juga akan mudah untuk didaur ulang (ramah lingkungan).

Untuk membuat laptop dengan spesifikasi tersebut Dell menata ulang motherboard laptop yang 75 persen lebih kecil dan menggunakan komponen 20 persen lebih sedikit.

Dilansir Ubergizmo, Kamis (16/12/2021), perangkat keras itu juga diletakkan lebih dekat ke penutup bagian atas untuk proses pendinginan yang lebih baik.

Juga menjauhkannya dari baterai untuk memungkinkan proses pendinginan pasif lebih baik, yang pada gilirannya menghilangkan kebutuhan akan kipas pendingin.

Intel dan Dell juga berencana merakit sasis laptop menggunakan aluminium yang telah diproses menggunakan tenaga air dan stamped construction. Tujuannya untuk mengurangi jumlah sekrup agar ketika ingin mengakses bagian dalamnya menjadi lebih mudah.

Dell juga akan membuat PCB dengan bahan berbasis bio, dan juga menggunakan lem polimer yang larut dalam air untuk memudahkan pelepasan komponen tanpa merusaknya.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini