Kulkas Pintar Samsung Melenggang di Indonesia, Harga Rp 30 Juta

Oleh Agustinus Mario Damar pada 27 Jan 2022, 18:30 WIB
Diperbarui 27 Jan 2022, 18:30 WIB
Samsung
Perbesar
Simon Lee, President of Samsung Electronics Indonesia, di acara peluncuran kulkas Samsung Family Hub. (Dok: Samsung)

Liputan6.com, Jakarta - Samsung baru saja meluncurkan perangkat rumah tangga terbarunya untuk pasar Indonesia, yakni Family Hub yang merupakan kulkas pintar. Sebelumnya, kulkas ini diperkenalkan untuk pasar global beberapa bulan lalu.

Menurut President Samsung Electronics Indonesia, Simon Lee, Family Hub hadir untuk mendukung gaya hidup keluarga di masa pandemi. Seperti diketahui, selama pandemi, aktivitas kini lebih banyak dilakukan di rumah, sehingga kulkas ini hadir untuk mendukung kebutuhan tiap anggota keluarga.

Hal itu dimungkinkan karena Family Hub hadir dengan tambahan layar sentuh di bagian depan. Lewat layar sentuh tersebut, Samsung Family Hub tidak hanya hadir dengan fungsi utama sebuah kulkas untuk menyimpan makanan, tapi juga beragam fitur gaya hidup pintar.

"Selain fungsi basic dari sebuah kulkas, Family Hub juga hadir dengan beragam fitur, seperti mendukung komunikasi keluarga, membantu pengguna memasak lebih mudah, entertainment, dan smart home," tutur Head of Home Appliances Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia, Melvin Rubianto saat konferensi pers virtual, Kamis (27/1/2022).

Lebih lanjut Melvin menuturkan, fungsi Family Hub untuk mendukung komunikasi keluarga sebenarnya sudah ada di kulkas biasa, tapi pada kulkas biasa, fungsi tersebut hadir secara manual.

Sebagai contoh, anggota keluarga akan memanfaatkan memo tempel untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga lain lewat kulkas. Namun dengan layar sentuh yang ada di Family Hub, fungsi tersebut dialihkan menjadi digital.

"Jadi, tidak perlu ada lagi kertas karena bisa langsung membuat catatan di layarnya. Anggota keluarga juga dapat melakukan sinkronisasi kalender di kulkas ini, sehingga anggota keluarga lain juga dapat mengetahui kegiatannya. Yang paling asik, pengguna juga dapat mengambil foto dan di-upload di layar Family Hub," tutur Melvin menjelaskan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Membantu Pengguna Memasak Lebih Mudah

Samsung
Perbesar
Melvin Rubianto, Head of Home Appliances Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia, dan Anissa Aziza, aktris dan YouTuber di depan Samsung Family Hub. (Dok: Samsung)

Selain fitur di atas, layar sentuh di Family Hub dapat dimanfaatkan untuk mencari resep makanan. Hadir dengan fitur Smart Recipe, pengguna dapat menemukan berbagai resep makanan dan sudah disesuaikan dengan preferensi mereka.

Lalu ada pula fitur meal planner yang memungkinkan pengguna menyusun menu mingguan. Lewat fitur ini, pengguna dimudahkan untuk mengetahui kebutuhan bahan makanan saat ingin memasak.

Saat memeriksa bagian isi dalam kulkas, pengguna pun juga tidak perlu membuka pintu kulkas ini terlebih dulu. Sebab, Family Hub sudah dilengkapi dengan fitur View Inside yang memungkinkan pengguna melihat isi kulkas melalui layar di bagian depan atau melalui smartphone.

Hal ini dimungkinkan karena Samsung sudah membekali kamera di dalam kulkas ini. Tidak hanya kamera, kulkas ini juga dilengkapi dengan speaker.

Oleh sebab itu, pengguna dapat memanfaatkannya untuk mengakses konten multimedia, karena Family Hub juga sudah terintegrasi dengan Spotify. Lalu ada pula Smart View yang memungkinkan pengguna melakukan mirroring layar smartphone miliknya.


Kontrol Smart Home

Fitur lain yang hadir di Family Hub adalah kemampuannya untuk mengontrol perangkat pintar lain di dalam rumah. Lewat aplikasi SmartThings, pengguna dapat menyalakan atau mematikan perangkat lain, seperti Smart TV, air purifier, hingga AC.

Family Hub juga sudah terintegrasi dengan Bixby, sehingga pengguna dapat memberikan perintah suara, mulai dari mengatur alarm sampai mencari resep.

Selain deretan fitur pintarnya, Family Hub sebagai sebuah kulkas turut dilengkapi SpaceMax Technology agar bisa menyimpan makanan dengan rapi dan tetap segar lebih lama.

Teknologi ini memungkinkan dinding kulkas lebih tipis dan ruang di dalamnya lebih luas, tapi proses pendinginannya tetap efisien. Tidak hanya itu, kulkas ini turut dibekali Digital Inverter Technology.

Family Hub tersedia di Samsung.com mulai 27 Januari 2022 dengan harga Rp 29.999.000. Selama periode promo hingga 6 Februari 2022, konsumen akan mendapatkan bonus langsung senilai Rp 2.799.000 berupa Samsung Galaxy M12 dan cashback hingga Rp 1.000.000.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya