NFT Akan Jadi Sumber Pendapatan Baru untuk Kreator YouTube

Oleh Agustinus Mario Damar pada 27 Jan 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 27 Jan 2022, 17:00 WIB
Ilustrasi cara mendownload video, Youtube
Perbesar
Ilustrasi cara mendownload video, Youtube. (Photo by Christian Wiediger on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - YouTube diketahui menjadi salah satu perusahaan yang tertarik memanfaatkan NFT di platformnya. Hal ini diketahui dari surat CEO YouTube Susan Wojicki kepada para kreator mengenai prioritas perusahaan tahun ini.

Dalam surat tersebut Susan menuturkan perusahaan tengah menjajaki cara agar para kreator bisa mendapatkan keuntungan dari NFT. Susan juga menyebut Web3 bakal mengantarkan pada era baru internet dan telah menjadi sumber inspirasi perusahaan.

Kendati demikian, dalam surat tersebut, ia tidak menjelaskan secara gamblang rencana YouTube yang memungkinkan kreator bisa mendapatkan keuntungan melalui NFT. Namun NFT disebut bisa menjadi sumber pemasukan baru bagi para kreator nantinya.

"Kami selalu fokus memperluas ekosistem YouTube untuk membantu kreator memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang, termasuk seperti NFT, sambil terus memperkuat dan menyempurnakan pengalaman kreator mapun fans di YouTube," tulisnya seperti dikutip dari Engadget, Rabu (26/1/2022).

Selain YouTube, sejumlah platform media sosial sebenarnya juga mengungkapkan ketertarikannya dengan NFT. Bahkan, Twitter baru saja mengumumkan fitur yang memungkinkan pengguna menampilkan sebagai foto profil mereka.

Adapun fitur ini memang baru tersedia untuk pengguna iOS berlangganan Twitter Blue. Namun tidak menjadikan NFT sebagai foto profil, pengguna juga dapat menghubungkan akun Twitter mereka ke dompet kripto.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Twitter Perkenalkan Fitur untuk Tampilkan NFT di Foto Profil Pengguna

Twitter NFT
Perbesar
Twitter perkenalkan fitur tampilkan NFT di gambar profil user. (Doc: Twitter)

Apa beda profil biasa Twitter dengan yang NFT? Bagi pengguna yang memasang gambar NFT, maka profil mereka akan tampil dengan bentuk heksagon--biasanya bulat.

Dikutip dari The Verge, Minggu (23/1/2022), saat profil gambar NFT di tap, maka akan muncul detail tentang informasi karya dan kepemilikannya.

Layaknya perusahaan teknologi lainnya, Twitter tampaknya melihat bagaimana tren kripto, seperti NFT ini berkembang dengan pesat di internet.

Karena baru diluncurkan, Twitter sudah mendukung beberapa layanan dompet kripto yang dapat dihubungkan ke profil pengguna.

Disebutkan, dompet kripto tersebut adalah Argent, Coinbase Wallet, Ledger Live, MetaMask, Rainbow, dan Trust Wallet.

Setelah itu, pengguna Twitter harus memverifikasi token mereka adalah jenis yang tidak dapat dipertukarkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Moonton Rilis Koleksi NFT Pertama Gim Mobile Legends

Simak Selusin Tips Main Mobile Legends Bagi Pemula, Modal Awal untuk Jadi Pro
Perbesar
Mobile Legends: Bang Bang. (Doc. Moonton)

Di sisi lain, Moonton juga baru saja mengumumkan koleksi NFT pertamanya untuk gim Mobile Legends.

Tersedia di Binance, koleksi NFT Mobile Legends ini terinspirasi skin bertemakan anime untuk karakter Layla dan Fanny di dalam gim.

Mengutip One Esports, Kamis (20/1/2022), player berkesempatan untuk memenangkan figur digital, animasi eksklusi, dan hadiah di dalam gim saat membeli koleksi NFT The Aspirants Mystery Box ini.

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya