Sukses

Perjalanan Oppo Mengembangkan Fitur Kamera Portrait di Smartphone Reno Series

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Medianto mengungkapkan perjalanan Oppo dalam mengembangkan fitur kamera Portrait dari Reno 10x (2019) hingga Reno terbaru yang akan diumumkan pada 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo yang sebelumnya dikenal sebagai smartphone dengan kamera depan yang mampu menghasilkan foto selfie estetis, kini kian fokus mengembangkan fitur foto Portrait.

Oppo mengubah image smartphone besutannya sejak 2019 lewat Reno series dan saat ini mengedepankan 'AI Portrait Expert'.

Dalam presentasinya di acara Oppo Reno Portrait Workshop, belum lama ini, PR Manager Oppo Indonesia Aryo Medianto mengungkapkan perjalanan Oppo dalam mengembangkan fitur Portrait dari Reno 10x (2019) hingga Reno terbaru yang akan diumumkan pada 2022.

"Pada 2019, Oppo merilis Reno 10x zoom yang membawa teknologi AI Ultra-Clear Engine. Hal ini membuktikan bahwa perangkat Oppo tak cuma mengunggulkan kamera depan, tetapi juga kamera belakang yang andal," tutur Aryo.

Kemudian, di tahun yang sama, Oppo kali pertama memboyong fitur Ultra Steady Video Stabilization lewat Reno2 series. Fitur ini memudahkan pengguna merekam video dengan pergerakan yang stabil.

"Oppo kemudian mulai serius menghadirkan fitur Portrait berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) di Reno4 series pada tahun 2020, dengan filter AI Color Portrait dan Night Flare Portrait," ucap Aryo menambahkan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Teknologi AI Highlight Video

Selanjutnya, pada tahun yang sama, Reno5 series menghadirkan teknologi AI Highlight Video. Fitur ini mampu mendeteksi kondisi cahaya, di mana dalam cahaya redup menggunakan algoritma Ultra Night Video dan algoritma HDR Live pada kondisi latar belakang cahaya (backlight) yang kuat.

Teknologi AI Highlight Video menekankan bahwa fitur Portrait pada smartphone Oppo tak hanya andal dalam pengambilan foto, tetapi juga video atau gambar bergerak.

Kemudian, lewat Reno6 series yang meluncur pada 2021, Oppo memosisikan diri sebagai 'Portrait Expert' dan mengunggulkan fitur Bokeh Flare Portrait Video yang mampu menghasilkan video bokeh di kondisi minim cahaya.

3 dari 5 halaman

Rancang Sensor Kamera Khusus Smartphone Bareng Sony

Oppo dan Sony kemudian merancang sebuah sensor kamera eksklusif bernama Sony IMX 709 untuk lini smarphone Oppo Reno Series terbaru yang akan meluncur pada 2022.

Tak main-main, Aryo mengungkapkan sensor kamera tersebut dikembangkan selama tiga tahun bersama Sony dan melibatkan sekitar 300 engineers.

"Sensor kamera tersebut kami kembangkan selama tiga tahun, dengan melibatkan sekitar 300 insinyur (engineers)," ujar Aryo.

Selama pengembangan sensor Sony IMX 709, Aryo menambahkan, perusahaan telah menghasilkan 87 paten dan nilai investasi lebih dari US$ 1,5 juta atau sekitar Rp 21,5 miliar.

Sensor pengembangan bersama ini diklaim memiliki keunggulan 60 persen peningkatan sensitivitas cahaya dan pengurangan noise signifikan sebesar 35 persen jika dibandingkan dengan sensor yang terdapat pada perangkat Oppo Reno6.

 

4 dari 5 halaman

Tanam Sensor RGBW Terbaru

IMX 709 merupakan salah satu sensor yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap lingkungan rendah cahaya.

Tentunya sebagai sensor kelas premium, Oppo juga menempatkan sensor RGBW yang baru sehingga dapat menghasilkan foto portrait yang lebih jernih dan alami.

OPPO Indonesia segera meluncurkan perangkat terbarunya yang akan membawa keunggulan sensor ini pada kuartal pertama atau kedua di tahun 2022.

5 dari 5 halaman

Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini