Sukses

Data Center AREA31 dengan Konsep Military Bunker Siap Beroperasi pada Q1 2022

Dirancang dan dibangun di atas lahan seluas 20,000 meter persegi, AREA31 memiliki beberapa perbedaan dengan Data Center pada umumnya

Liputan6.com, Jakarta - Permintaan terhadap fasilitas data center di Indonesia mengalami peningkatan sejak pandemi Covid-19. Itu terjadi lantaran banyak pelaku bisnis menerapkan tranformasi digital untuk beradaptasi dengan New Normal akibat pandemi Covid-19.

Seiring dengan tren transformasi digital yang tengah berlangsung, AREA31 hadir sebagai penyedia Tier III Hyperscale Data Center dan Teleport Facilities untuk memenuhi permintaan tersebut. Dirancang dan dibangun di atas lahan seluas 20,000 meter persegi, AREA31 memiliki beberapa perbedaan dengan Data Center pada umumnya.

"Saya sangat excited akan hadirnya AREA31 sebagai penyedia Tier III Hyperscale Data Center dan Teleport Facilities, yang kami desain dan bangun khusus untuk dijadikan Data Center atau yang lebih dikenal dengan istilah Purpose-Built Data Center (PBDC)," ujar Yoke Tangkar selaku VP of Sales AREA31.

Data Center ini, kata Yoke, ditujukan untuk memenuhi lonjakan volume data dan memenuhi ekspektasi pasar Data Center yang semakin meningkat.

"AREA31 mengusung konsep Miltary Bunker yang dilengkapi dengan 8 lapis keamanan tingkat tinggi, dan juga memiliki diferensiasi unggul yaitu Naming Rights; setiap pelanggan yang berlangganan 1 Data Hall dengan kapasitas 150 Rack, pelanggan dapat menyematkan brand atau company name sebagai identitas dari Data Hall tersebut" tutur Yoke.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lokasi dan Spesifikasi

Berlokasi di Depok, Jawa Barat dan berjarak ± 30KM dari Pusat Kota Jakarta, AREA31 disebut cocok dijadikan sebagai Data Center utama maupun Data Center cadangan atau Disaster Recovery Center (DRC).

AREA31 berkapasitas 10-Megawatt (MW) yang nantinya akan tersedia 8 Data Hall yang dapat mengakomodasi 1,200 Rack. Tahap 1 dari AREA31 akan siap beroperasi Q1 2022 dengan ketersediaan 4 Data Hall yang dapat mengakomodasi 600 Rack.

 

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Lainnya

Beberapa spesifikasi lainnya termasuk komponen Elektrikal 2N, Cooling Infrastructure N+2 dan Generator Infrastructure N+1 dengan jaminan ketersediaan layanan 99,99%.

Selain diperuntukkan sebagai Tier III Hyperscale Data Center, AREA31 juga menawarkan area Rooftop seluas 1750+ Sqm sebagai fasilitas Telecommunication Port (Teleport). Fasilitas ini ditjukan bagi Satellite Communication Provider untuk colocation Stasiun Bumi dengan kapasitas hingga 7 unit antena stasiun bumi berdiameter 9 meter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini