Sukses

Hacker Bisa Ambil Alih PC Korban via Celah Keamanan di Dark Souls 3

Celah keamanan di Dark Souls 3 ini juga berpotensi hadir di gim buatan FromSofware lainnya, seperti Darks Souls, Dark Souls 2, dan Elden Ring.

Liputan6.com, Jakarta - Tim peneliti keamanan baru saja mendapati kerentanan di dalam gim buatan FromSoftware, yaitu Dark Souls 3.

Adapun eksploitasi keamanan ini memungkinkan pelaku kejahatan mengeksekusi kode dari jarak jauh (remote code execution, RCE), dan mengendalikan komputer korbannya.

Laporan ini diungkap pertama kali oleh Dexerto. Celah keamanan ini hanya berimbas terhadap player PC yang bermain gim itu secara online.

Mengutip The Verge, Senin (24/1/2022), kerentanan ini juga berpotensi berpengaruh terhadap gim buatan FromSoftware lainnya, seperti Dark Souls, Dark Souls 2, dan yang akan dirilis bulan depan, yakni Elden Ring.

Eksploitasi ini terlihat saat The__Grim__Sleeper bermain Dark Souls 3 secara online, dan streaming di Twitch.

Saat streaming berakhir, gim The__Grim__Sleeper tiba-tiba berhenti, dan muncul suara robot fitur text-to-speech milik Microsoft yang mengkritik cara bermainnya.

The__Grim__Sleeper mengatakan, tiba-tiba Microsoft PowerShell di PC miliknya terbuka dengan sendirinya. Ini tanda seseorang telah menyusup ke dalam PC.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berusaha Hubungi FromSoftware

Player ini mampu tamatkan Dark Souls 3 hanya dalam waktu kurang dari 2 jam (google.com)

Lebih lanjut, aksi ini sebenarnya tidak dilakukan oleh peretas yang berniat jahat.

Dalam postingan Discord SpeedSouls terungkap, hacker ini mengetahui tentang celah keamanan tersebut dan berusaha untuk menghubungi tim pengembang gim.

Sayangnya, laporan dia tidak digubris. Karena itu, dirinya berusaha meretas streamer yang sedang bermain gim Dark Souls 3 untuk menarik perhatian pengembang.

3 dari 3 halaman

Gim Elden Ring Puncaki Daftar Wishlist di Platform Steam

Elden Ring puncaki daftar paling banyak di wishlist di Steam. (Doc: From Software)

Di sisi lain, Elden Ring, gim action-RPG buatan FromSoftware memang baru akan meluncur di platform PC dan konsol pada 25 Februari 2022 mendatang.

Walau masih sebulan lagi meluncur, gim yang disutradarai oleh Hidetaka Miyazaki (Demon Souls, Darks Souls series, dan Sekiro: Shadow Die Twice) ini sudah jadi perbincangan.

Alhasil, gim garapan Miyazaki dengan elemen dunia karya George R.R. Martin ini bertengger di nomor 1 dalam daftar wishlist di platform Steam.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.