Sukses

Telkomsel Mulai Upgrade Layanan 3G ke 4G Secara Bertahap pada 2022

Telkomsel memastikan proses upgrade 3G ke 4G ini telah melewati tahap, pengkajian, perencanaan, serta persiapan yang matang

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel mengatakan, mulai 2022 mereka akan secara bertahap dan terukur melakukan peningkatan atau pengalihan layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di seluruh wilayah.

Ini sejalan dengan arahan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk pengkajian penghapusan layanan 3G dengan tetap mempertimbangkan kesiapan layanan 4G/LTE yang merata dan memperhatikan kepentingan masyarakat umum.

Hendri Mulya Syam, Direktur Utama Telkomsel mengatakan, upgrade ini merupakan kelanjutan komitmen mereka untuk terus membuka peluang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat dalam menikmati akses jaringan berteknologi terdepan yang merata dan setara.

Menurut Hendri, ini juga guna mendukung beragam aktivitas digital di masyarkaat yang lebih seamless dan nyaman.

"Kami harap, langkah ini mampu mengoptimalkan lebih banyak potensi di berbagai wilayah melalui transformasi digital lintas sektor yang lebih terakselerasi, sehingga dapat memperkuat ekonomi digital nasional ke depan," kata Hendri.

Hendri menambahkan, upgrade layanan 3G ke 4G/LTE ini juga menjadi bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam menghadirkan konektivitas digital dengan kualitas prima yang merata hingga pelosok negeri.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persiapan yang Matang

Telkomsel juga memastikan proses upgrade ini telah melewati tahap, pengkajian, perencanaan, serta persiapan yang matang.

Hal itu mencakup kesiapan infrastruktur dan teknologi, jaminan kenyamanan pelanggan selama proses pembaruan berlangsung, hingga kesesuaian dengan perundangan di sektor telekomunikasi dan perlindungan konsumen yang berlaku.

Telkomsel mengatakan secara berkala telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait.

Beberapa pihak terkait tersebut mulai dari Kemkominfo hingga lembaga atau institusi konsumen seperti Badan Perlindungan Konsumen Nasional hingga Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia.

3 dari 4 halaman

Ajak Pengguna Upgrade ke 4G

Direktur Network Telkomsel Nugroho menambahkan, persiapan teknis, sosialisasi kepada pelanggan, hingga tahapan mitigasi juga telah dipersiapkan guna memastikan proses pembaruan layanan di seluruh Indonesia bisa berjalan dengan baik.

"Termasuk prioritas meminimalisir potensi gangguan," kata Nugroho. "Standar QoS (quality of service) juga terus akan diupayakan terjaga guna memenuhi standar aturan yang berlaku agar kenyamanan pelanggan tetap terjaga."

Seiring dengan berjalannya upgrade, Telkomsel pun mengajak para pelanggannya yang masih menggunakan layanan 3G, untuk beralih ke layanan 4G/LTE.

Perusahaan mengatakan, pelanggan bisa melakukan pembaruan kartu SIM non-4G ke uSIM 4G baik secara online atau pun offline.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.