Sukses

Bukti Chipset Exynos 2100 Bawa Perubahan Besar di Dunia Nyata

Ketika akan membeli sebuah smartphone, hal yang dipertimbangkan adalah spesifikasinya. Salah satu yang menjadi perhatian khusus adalah chipset-nya.

Liputan6.com, Jakarta Ketika akan membeli sebuah smartphone, hal yang dipertimbangkan adalah spesifikasinya. Salah satu yang menjadi perhatian khusus adalah chipset-nya. 

Chipset atau System on Chip (SoC) sederhananya adalah otak yang menjalankan sistem dalam sebuah smartphone. Para tech enthusiasts pasti tahu bahwa SoC merupakan komponen sistem yang mengatur jalannya pemrosesan, memori, dan bagian penting lain dalam satu papan sirkuit. 

Nah, salah satu chipset terbaik yang kini jamak dibicarakan adalah Exynos 2100 yang diproduksi oleh Samsung Electronics. Ya, Exynos 2100 berhasil menggabungkan beberapa komponen dalam satu chip dengan mempertimbangkan konsumsi daya dan kinerja agar berjalan optimal. 

Lalu sebenarnya, ketika smartphone menggunakan chipset Exynos 2100, perubahan dan pengalaman apa yang didapatkan dari penggunanya? 

1. Lebih Gesit

Exynos 2100 memiliki performa 30% yang jauh lebih tinggi dari versi sebelumnya. Itu karena, Exynos 2100 menggunakan delapan prosesor atau CPU dengan tiga cluster core (multi core), yaitu satu Cortex-X1 dengan clock speed 2,9Ghz, tiga Cortex-A78 (2,8Ghz), dan empat Cortex-A56 (2,2Ghz).

Clock speed dalam Exynos 2100 ini artinya chipset bekerja optimal dan dapat memberikan kecepatan tinggi, dan tetap efisien dalam pengonsumsian daya. Menariknya lagi, dengan multi core ini, chipset pun bekerja sesuai kebutuhan.

Hasilkan Foto Terbaik dan Terjelas

Salah satu yang dicari para pengguna smartphone terkait dengan hasil jepretan baik dalam bentuk foto atau video. Nah, smartphone yang menggunakan Exynos 2100 punya kemampuan kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI) terbaik.

Ya, pemanfaatan AI seperti pengenalan objek bekerja cepat dan optimal karena Exynos 2100 memiliki tiga core Neural-Processing-Unit (NPU). Nah, NPU sendiri biasa bekerja pada kamera dan mengolah scene atau objek jadi lebih baik.

Dengan tiga core NPU, kemampuan mengolah AI pun mencapai angka 26 TOPS (Tera Operations Per Second) yang berarti AI dalam satu detik bisa mengerjakan 26 tera operasi komputasi.

Selain itu, Exynos 2100 juga menggunakan prosesor Image Signal Processor (ISP) yang mendukung kamera hingga 200MP dan terhubung dengan enam sensor kamera sekaligus. Bahkan empat kamera bisa aktif secara bersamaan.

Itu artinya, setiap objek dalam bidikan lebih mudah diklasifikasi lebih baik dan detail. Selain itu, ISP dalam Exynos 2100 mampu menjaga titik fokus dan mempertahankan kualitasnya terutama ketika proses zoom, sehingga menghasilkan konten yang anti patah-patah.

Proses pergantian video pun mulus dari kamera depan ke kamera belakang. Selain itu, Exynos 2100 juga memungkinkan perekaman dan pemutaran video pada resolusi 8K, dengan refresh rate pada chipset mencapai 144 Hz.

Efisiensi Daya yang Rendah

Exynos 2100 yang diproduksi Samsung dapat menjaga kestabilan pengonsumsian daya. Ya, konsumsi daya tetap baik, meski CPU, GPU, dan chipset lain sedang bekerja.

Itu karena Exynos 2100 menyematkan teknologi Advanced Multi IP Governor (AMIGO). Ya, AMIGOlah yang memberikan performa lebih baik namun daya tahan baterai di smartphone lebih irit. 

Dengan adanya AMIGO, teknologi tersebut tetap membuat baterai tetap aktif selama operasi grafis, terutama ketika kamu lagi asyik main game 3D, 4K, atau 8K. 

Kecepatan Transfer Data

Exynos 2100 menawarkan kecepatan transfer data hingga 5,1 Gbps yang menyatu dalam SoC. Kecepatan modem 5G ini tentunya sejalan dengan kecepatan internet. Dengan modem 5G, kecepatan unduh hingga 7,35 Gbps.

Nah chipset Exynos 2100 kini hadir di rilisan produk terbaru Samsung Galaxy S21 FE (Fan Edition) 5G. Dengan hadirnya Galaxy S21 FE 5G, kamu bisa mengeksplor sisi kreatifmu kapan saja dan di mana saja.

Smartphone ini hadir dengan desain elegan dan empat pilihan warna, seperti Lavender, White, Olive, dan Graphite. Buat kamu yang ingin memiliki Galaxy S21 FE 5G, beli dapatkan di sini.

Menariknya, Samsung juga sedang mengadakan promo berupa Galaxy Fit2 dan Wireless Charger Duo secara gratis dengan value senilai Rp1.498.000 untuk pembelian Samsung Galaxy S21 FE 5G pada 11-17 Januari 2022.

Selain itu, ada pilihan pembayaran dengan cicilan 0% atau trade in dengan smartphone lama kamu. So, nggak perlu lagi menunda-nunda buat membelinya, grab it fast!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.