Sukses

3 Ribu Karyawan Telkom Dapat Pelatihan Digital dari Microsoft Indonesia

Lebih dari tiga ribu karyawan yang mendapatkan pelatihan digital dari Microsoft ini berasal dari empat departemen atau anak perusahaan Telkom Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Telkom Indonesia menggandeng Microsoft Indonesia untuk meningkatkan keterampilan digital pada lebih dari tiga ribu karyawan mereka, dengan program pelatihan digital.

Lebih dari tiga ribu karyawan ini berasal dari empat departemen atau anak perusahaan Telkom Indonesia, dan ditargetkan akan mengikuti program pelatihan digital tersebut hingga Maret 2022.

Inisiatif ini berikutnya juga bisa diperluas ke Yayasan Pendidikan Telkom melalui Telkom University.

"Kami di Microsoft percaya bahwa sumber daya manusia adalah aset paling berharga yang dapat sebuah perusahaan miliki," kata Nina Wirahadikusumah, Business Strategy Director Microsoft Indonesia.

Dalam siaran persnya, ditulis Senin (17/1/2022), Nina mengatakan Microsoft menyambut baik antusiasme ribuan karyawan Telkom, untuk mengikuti program pelatihan keterampilan digital dan mengambil sertifikasi internasional Microsoft.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memastikan Talenta Digital yang Unggul

Jemy V. Confido, Chairman Indonesia Telecommunication & Digital Research Institute (ITDRI) mengatakan, sudah menjadi tugas mereka untuk terus memperbarui produk dan layanan agar semakin relevan bagi masyarakat Indonesia.

"Hal ini tak mungkin terjadi tanpa terlebih dulu memastikan bahwa Telkom memiliki talenta digital yang modern dan unggul dalam keahliannya masing-masing," kata Jemy.

"Untuk itu, program pelatihan keterampilan digital bersama Microsoft dirancang untuk membuat Telkom lebih gesit, fleksibel, dan mengedepankan penciptaan inovasi melalui teknologi cloud dan AI," imbuhnya.

Melalui program ini, karyawan Telkom memiliki akses ke kelas-kelas Microsoft di level dasar (fundamental) dan lanjut (advanced).

Kelas fundamental diselenggarakan secara mandiri. Peserta dapat menentukan waktu belajarnya sendiri, dengan berfokus pada modul-modul terkait data dan kecerdasan buatan, keamanan siber, serta arsitektur teknologi Azure.

Sementara, kelas advanced dipandu oleh Microsoft Technical Trainer dengan fokus pada keterampilan digital berdasarkan jenis pekerjaan, sehingga memberikan nilai tambah bagi karyawan dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Adapun jenis pekerjaan ini antara lain AI Engineer, Data Engineer, Data Scientist, Developer, dan Solution Architect.

3 dari 4 halaman

Tindak Lanjut Kolaborasi Microsoft dan Telkom

Usai menyelesaikan kelas-kelas yang relevan, seluruh karyawan Telkom yang berpartisipasi dapat mengambil sertifikasi internasional Microsoft.

Kegiatan ini sendiri menjadi salah satu tindak lanjut dari kolaborasi Telkom Group dan Microsoft yang diresmikan pada 19 Agustus 2021 lalu.

Dimulai dengan keterampilan karyawan, kolaborasi ini akan dilanjutkan dengan transformasi produk/layanan, optimalisasi operasi, serta penciptaan pengalaman baru bagi konsumen.

Secara lebih makro, inisiatif ini juga diharapkan dapat mendukung kebutuhan Indonesia terhadap sembilan juta talenta digital hingga 2030 mendatang.

Untuk menjaga antusiasme karyawan Telkom selama mengikuti program, rangkaian pelatihan yang juga akan diselingi dengan partisipasi para developer internal Telkom di Microsoft Cloud Skills Challenge dan Code; Without Barriers for Diversity and Branding Telkom Indonesia.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.