Sukses

Elon Musk Umumkan Dogecoin Bisa untuk Beli Merchandise Tesla

Cuitan Elon Musk yang menyebut Tesla menerima pembayaran dengan Dogecoin untuk merchandise-nya membuat nilai mata uang kripto itu mencuat.

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk pada Jumat waktu setempat mengumumkan bahwa merchandise dari perusahaan yang ia pimpin, Tesla, sudah bisa dibeli dengan menggunakan Dogecoin.

Pengumuman yang dicuit Elon Musk di Twitter tersebut pun berpengaruh pada nilai mata uang kripto Dogecoin atau DOGE yang dilaporkan meroket.

"Merchandise Tesla bisa dibeli dengan Dogecoin," kata CEO dari perusahaan kendaraan listrik asal Texas, Amerika Serikat itu seperti dikutip Minggu (16/1/2022).

Mengutip The Guardian, usai cuitan tersebut, pada Jumat, nilai aset kripto berlogo meme anjing shiba inu itu melonjak 15 persen. Dogecoin naik menjadi US$ 0,20 setelah cuitan Musk.

Data dari Coinbase menyebut, selama 12 bulan terakhir, Dogecoin telah melonjak 5.859 persen.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cyberquad hingga Peluit

Di laman resmi Tesla, beberapa barang memang sudah bisa dibeli dengan Dogecoin atau DOGE. Hal ini terlihat dari produk-produk tersebut yang diberikan penanda dengan embel-embel "DOGE" di keterangan harganya.

Cyberquad for Kids misalnya, bisa dibeli dengan 12.020 DOGE (RP 33,1 juta). Sementara Giga Texas Belt Buckle bernilai 835 DOGE (Rp 2,3 juta).

Ada juga peluit Tesla Cyberwhistle yang dijual dengan harga 300 DOGE (Rp 826 ribu) dan S3XY Mug seharga 150 DOGE (Rp 413 ribu).

Musk sendiri kerap mencuit tentang cryptocurrency di media sosial Twitter. Orang terkaya di dunia itu sempat menggambarkan dogecoin sebagai "kripto rakyat."

3 dari 4 halaman

Menguji Pembayaran dengan DOGE

Elon Musk juga mengatakan bulan Desember lalu bahwa Tesla akan segera menguji Dogecoin sebagai pembayaran untuk beberapa barang dagangan mereka.

Mengutip Crypto Liputan6.com, ini bukan kali pertamanya, Elon Musk mendorong harga Dogecoin melalui cuitannya.

Sebelumnya, pada April 2021, Musk sempat membuat cuitan yang mengatakan Doge meroket ke bulan. Hal tersebut juga membuat harga Dogecoin menguat pada saat itu.

Meskipun begitu, Tesla belum menerima Dogecoin sebagai alat pembayaran untuk kendaraan listrik mereka. Selain itu, mereka juga belum menerima mata uang kripto selain DOGE.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.