Sukses

Surge dan Kemenkop UKM Dorong Percepatan UMKM Go Digital di Jawa Timur

Peluncuran pertama di Provinsi Jawa Timur ini diharapkan bisa menjaring lebih banyak mitra UMKM dan warung untuk masuk dalam ekosistem digital Surge

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan konektivitas infrastruktur digital Surge, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), serta Induk Koperasi Unit Desa, menghadirkan festival Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Warung bertajuk Gudang Festival.

Festival yang diadakan selama dua hari ini bertujuan untuk memperkenalkan program Go-Digital berbasis gudang Koperasi Unit Desa (KUD) dari Surge bagi masyarakat lokal.

Peluncuran pertama di Provinsi Jawa Timur ini diharapkan bisa menjaring lebih banyak mitra UMKM dan warung untuk masuk dalam ekosistem digital Surge, membuka akses pasar yang lebih luas bagi bisnis lokal, dan memberikan nilai tambah bagi perekonomian digital.

Dalam siaran persnya, ditulis Sabtu (15/1/2022), Surge menyebut telah mengaktivasi ratusan titik gudang KUD di sepanjang Jawa, yang berfungsi sebagai fulfillment center berbagai produk dari kebutuhan sehari-hari maupun produk-produk UMKM lainnya.

Potensi nilai transaksi dari aktivasi gudang-gudang ini mencapai Rp 500 Miliar per bulan dengan potensi customer base mencapai 1 juta mitra UMKM dan warung yang tergabung dalam ekosistem Surge.

Berawal di Piyungan, Kabupaten Bantul, program ini berlanjut ke puluhan kabupaten lainnya di Jawa Tengah dan kini hadir di Jawa Timur seiring perkembangan teknologi yang semakin meningkat di daerah Tier-2 dan Tier-3.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengelola Puluhan Gudang KUD

CEO Surge Hermansjah Haryono mengatakan, dalam tujuh bulan beroperasi, mereka telah mengelola puluhan gudang KUD di Pulau Jawa yang menjual kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari dengan harga yang terjangkau.

Hermansjah juga menyebut, mereka sudah memiliki lebih dari 22 ribu mitra UMKM maupun mitra atau warung.

"Kehadiran program Gudang Festival di Mojokerto, Nganjuk dan wilayah lainnya, kami harapkan dapat memperluas jangkauan dukungan kami dalam mengembangkan perekonomian daerah lewat akses digital yang lebih baik," kata Hermansjah.

Menurutnya, fokus Surge adalah bagaimana menyediakan konektivitas, teknologi, aplikasi, maupun marketplace yang bisa mempermudah dan mempercepat perkembangan aktivitas gudang.

Ahmad Zabadi, Deputi bidang Perkoperasian Kemenkop UKM mengatakan, program Gudang Festival ini sejalan dengan program strategis mereka untuk mempercepat UMKM go-digital.

"Tak hanya memberi nilai tambah bagi warung-warung sekitar karena harganya yang lebih baik, program ini juga dapat menjadi pusat hub logistik bagi perusahaan logistik dan marketplace nasional dan global," kata Ahmad.

 

3 dari 4 halaman

Digitalisasi Pergudangan

Menurut Ahmad Zabadi, investasi gudang membutuhkan biaya yang tidak kecil dan dengan jaringan gudang KUD yang sangat besar, perusahaan logistik dan marketplace dapat lebih dekat dengan konsumen.

"Dengan adanya digitalisasi pergudangan, hal ini akan memperkuat ekosistem distribusi wilayah Jawa, meningkatkan efisiensi biaya operasional dan biaya distribusi," imbuhnya.

Portasius Nggedi selaku Direktur Utama Induk KUD mengatakan, langkahkolaborasi ini ditempuh untuk modernisasi jaringan Induk KUD, Pusat KUD dan KUD lewat teknologi digital.

"Peresmian di Mojokerto dan Nganjuk ini, merupakan aksi berkelanjutan kami bersama Surge untuk membantu Koperasi dan UMKM di wilayah Jawa Timur untuk masuk dalam ekosistem digital," kata Portasius.

Acara Gudang Festival sebagai ajang sosialisasi dan registrasi mitra UMKM dan warung di Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Nganjuk diadakan pada 12 dan 13 Januari 2022.

Dalam festival dua hari tersebut, Surge juga menyelenggarakan Bazar danpelatihan agar UMKM dan warung dapat memasarkan produknya kepada warga lokal di sekitar lewat aplikasi marketplace.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.